
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Menyimak Cerita Anak) Siswa Menggunakan Media Audio Visual Berbasis TIK Di Kelas V-B SDN 028 Tarakan
Pengarang : Junaidi Chairudin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan untuk memecahkan masalah yaitu: Bagaimana penggunaan media audio visual berbasis TIK dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia?
Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus, dimana siklus tersebut mencakup empat langkah, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B SDN 028 Tarakan dengan populasi 28 orang siswa.
Kesimpulan penelitian ini berupa: (1) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari 68% pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus 2; (2) media audio visual berbasis TIK berfungsi sangat baik pada proses pembelajaran berlangsung; (3) siswa terlihat lebih aktif belajar menggunakan media audio visual berbasis TIK. Secara umum media audio visual berbasis TIK dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Audio Visual Berbasis TIK, Menyimak Cerita Anak
Classroom Action Research was carried out to solve the problem is: How can the use of ICT-based audio-visual media to improve student learning outcomes in Indonesian Language? The experiment was conducted with a 2 cycle, where the cycle includes four steps: planning,action,observation and reflection. The subjects were students of class V-B SDN 028 Tarakan with a population of 28 students. The conclusion of this study include: (1) an increase in student learning outcomes from 68% in cycle 1 to 100% in cycle 2, (2) ICT -based audiovisual media works very well on the learning process takes place, (3) looks more active student learning usin ICT-based audio-visual media. In general, ICT -based audio-visual media can enhance students' learning outcomes and motivation. Keywords: Learning Outcomes, ICT-Based Audio-Visual Media, Listening To Children's Stories