
Meningkatkan Prestasi Belajar Sains Siswa Kelas IV A SD Negeri 009 Tarakan Dengan Menggunakan Pembelajaran CTL Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Pengarang : Jeanne Kala Radu - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan CTL dan Kooperatif Tipe STAD terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik pada masingmasing individumaupun kelompok peserta didik, untuk dapat mengetahui aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran CTL dan Kooperatif Tipe STAD.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitati,penelitian dilaksanakan pada bulan september dan bertempat di SDN 009 Tarakan kelas IV Adengan jumlah siswa 40 orang. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan tes setiap siklus. Data yang terkumpul dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriftif.
Hasil Penelitian menunjukkan terjadi peningkatan prestasi belajar SAINS peserta didik kelas IV A melalui Pembelajaran CTL dan Kooperatif tipe STAD dengan tingkat keberhasilan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru yang menunjukkan peningkatan dari siklus I ke Siklus II. Selain peningkatan aktivitas , tingkat ketuntasan klasikal yang harus dicapai minimal 85% juga dapat dicapai yakni dari 72,5% di siklus I meningkat menjadi 87,5% di siklus II.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Sains, Pembelajaran CTL, dan Model Pembelajaran Kooperatif STAD
The purpose of the research was to know CTL implementing and STAD Cooperative type towards students learning achievement improvement in each individual or students’ group, to know the student’s activity during CTL learning process and STAD Cooperative Type. This research was quantitative descriptive research, the research was held on September and the place was in SDN 009 Tarakan grade IV A by the sample was 40 students. The instrument was the observation and test during cycle. The data gathered in the research analyzed by using descriptive statistic. The research result shown that there was improvement in science learning achievement students grade IV A by using CTL and STAD Cooperative type with the success level was very good. This can be seen in students’ activity observation result and teacher activity that shown the improvement from cycle I to cycle II. Beside activity improvement, classical comprehensiveness level that must reach minimal was 85% can be reach, that is 72,5% in cycle I increased to be 87,5% in cycle II. Keywords: Learning Achievement, Science, CTL Learning, and STAD Cooperative Learning Model