Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Siswa Kelas IV SDN 042 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Siswa Kelas IV SDN 042 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Siswa Kelas IV SDN 042 Tarakan

Pengarang : Jamilah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Di SDN 042 Tarakan guru masih menerapkan menerapkan model pembelajaran konvensional dalam pengajaran IPS. Hal ini berpengaruh pada rendahnya nilai rata-rata siswa. Untuk mengatasinya, hal yang harus di lakukan dengan menggunakan metode yang cocok agar siswa dapat berpikir kritis, logis, dan dapat memecahkan masalah dengan sikap terbuka, kreatif, dan inovatif. Salah satu metodenya adalah dengan menggunakannya model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi aktivitas ekonomi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok di Kelas IV SDN 042 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang di laksanakan dengan 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang di peroleh dalam penelitian ini, meliputi: hasil belajar siswa yang di ambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas siswa dalam pembelajaran yang di ambil dari lembar observasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 042 Tarakan yang berjumlah 25 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang di laksanakan, pada siklus I diperoleh ratarata hasil belajar siswa sebesar 79,20 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 76%. Pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 90,28 dan persentase ketuntasan belajar 96%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi aktivitas ekonomi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok di kelas IV SDN 042 Tarakan.

All the teachers in SDN 042 Tarakan still applying conventional learning models in teaching IPS lesson. This effect can be influenced by the low-grade average of the students. To overcome this problem, we should use a suitable method for students to think critically, logically, and can solve the problems in an open mind, creative, and innovative. One of the methods is by using model of cooperative learning type group investigation. The purpose of this research is to improve students’ learning’s result in IPS lesson learning economic activities through the implementation of cooperative learning type investigation for grade IV students in SDN 042 Tarakan. This research is classroom action research carried on with 2 cycles, each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The data obtained for this study, include student learning outcomes by giving the test questions at the end of the cycle, the students in learning activities of the observation sheet. The subject of this research is fourth grade students in SDN Tarakan which totaling of 25 students. Based on the results of research carried on, in cycle I got an average of 79.20 students' learning result and the percentage of mastery learning by 76%. In cycle 2 got an average of 90.28 students' learning result and mastery learning percentage of 96%. From the research’s result showed that are increased in student learning result in IPS lesson learning economic activity through the application of cooperative learning model type investigation group in grade IV SDN 042 Tarakan.

Detail Informasi