
Meningkatkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Benda Dan Energi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Visual Di Kelas III-A SDN 007 Tarakan
Pengarang : Jainib - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan suatu kegiatan untuk memperbaiki proses belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam kelas secra bersama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi gerak benda dan energi melalui model pembelajaran Tematik di kelas III-A SDN 007 Tarakan semester 2 Tahun Pelajaran 2011–2012.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian dua alur siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan, sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan dari hasil kegiatan tes (ulangan harian) dan kegiatan non-tes (lembar pengamatan) mengenai aktivitas kegiatan belajar siswa, selanjutnya hasil ananlisis data yang diperoleh kemudin ditunjukkan dalam bentuk persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar dan perubahan tingkah laku belajar siswa.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan hanya mencapai 56,00%, sedangkan padasiklus I naik menjadi 67,00% selanjutnya naik menjadi 84,00%. Jadi, dengan menggunakan model pembelajaran Tematik hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan dapat ditingkatkan di kelas III-A SDN 007 Tarakan semester 2 Tahun Pelajaran 2011–2012.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Gerak Benda Dan Energi, Model Pembelajaran Tematik, Media Visual
This research is Classroom Action Research (CAR), which is an activity to improve the learning process in the form of an act deliberately raised and occurs in the classroom together. The purpose of this study to determine the improvement of students learning outcomes in the motion of matter and energy through thematic learning model in the class III-A semester 2 SDN 007 Tarakan academic year 2011- 2012. Classroom Action Research (CAR) is implemented using two strands research cycles, each cycles consisting of four meetings, while the data collection techniques in this study were obtained on the basis of the results of the test (daily tests) and non-test activities (Observation checklist) the activities of students learning activities, further analysis of data obtained and given as percentages increased mastery of learning outcomes and student behavior change. The results of the analysis showed that students’ mastery before being implemented measures only reached 56.00%, and while in the first cycles rose further to 67.00% in the second cycles increasing t0 84.00%. So, using thematic learning model student learning outcomes in material change in the environment can be improved in the class III-A semester 2 SDN 007 Tarakan academic year 2011-2012. Keywords: Learning Outcomes, And The Motion Energy, Thematic Learning Model, Visual Media