
Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Pada Pokok Bahasan Teknik Dasar Tenis Meja Melalui Pendekatan Role Play Di Kelas V SDN 014 Kota Tarakan
Pengarang : Irwan Hardi Surya - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan teknik dasar tenis meja melalui pendekatan Role Play di kelas V SDN 014 Kota Tarakan dan dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpilan data dalam penelitian ini adalah pengamatan terhadap setiap kegiatan yang terdiri dari : Keaktifan belajar siswa, Kemampuan psikomotorik (Unjuk Kerja) Teknik dasar tenis meja, pemahaman konsep teknik dasar tenis meja dengan pendekatan role play, teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif yaitu data yang berupa ekspresi siswa (sikap siswa ) dan data kuantitatif yaitu nilai hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I aktifitas siswa rata-rata 65,1%, menjadi pada Siklus II 77,3 %, Kemampuan psikomotorik (Unjuk kerja) Teknik dasar tenis meja Siklus I 12,5 %, menningkat di Siklus II menjadi 100 %.
Konsep dasar tenis meja dengan pendekatan role play siklus I 59,38 %, meningkat di Siklus II menjadi 100%. Demikian pembelajaran penjaskes yang diajarkan pada pokok bahasan teknik dasar tenis meja melalui pendekatan role play dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 014 Kota Tarakan.
The goal of research to find out the result of student learning on the subject of the basic techniques of table tennis with the approach in V grade Role Play at SDN 014 City of Tarakan and implemented classroom action research. Teknik leverage the data in this study is the observation of any activity consisting of: Motivation to learn students, psychomotor ability (performance of Work) table tennis basic technique, understanding of basic engineering concepts table tennis with role-play approach, techniques of data analysis is qualitative data is data in the form of expression of the student (student attitudes) and quantitative data that is the value of student learning outcomes. The results of the study showed that in the first cycle student activity on average 65.1%, 77.3% Cycle II, psychomotor ability (The performance of) the basic techniques table tennis 12.5% Cycle I, Cycle II 100%. The basic concept of table tennis with the first cycle approach to role play 59.38%, Cycle II 100%. Sport learning on the subject being taught the basic techniques of table tennis through role play approach there is can improving students in V grade at SDN 014 City of Tarakan.