Meningkatkan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together Dengan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IVB SDN 027 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together Dengan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IVB SDN 027 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together Dengan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IVB SDN 027 Tarakan

Pengarang : Irnas - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah meningkatan hasil belajar siswa kelas IVB SDN 027 Tarakan pada pokok bahasan pengurangan bilangan bulat, melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN 027 Tarakan yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 09 Februari s/d 20 Februari 2012.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Bentuk tes isian dan bersifat Individu. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IVB SDN 027 Tarakan dalam materi operasi hitung pengurangan bilangan bulat melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan alat peraga. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa siklus I yaitu 70,3 meningkat menjadi 91,4 pada siklus II. Serta tercapainya ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75%. Hal ini sesuai dengan yang dikemukakan oleh Yulaelawati (dalam: Iskandar,2005) yaitu apabila peserta didik telah menguasai 60%-80% kompetensi, peserta didik tersebut dapat mempelajari kompetensi berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran operasi hitung pengurangan bilangan bulat melalui pembelajaraan kooperatif tipe number heads together (NHT) dengan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

The objective of the research was to increase the result of learning of the Fourth-grade student at class B in SDN 027 Tarakan on material reductions integer arithmetic operations through cooperative learning type of number heads together with learning props. The research was classroom action research. The subject of the research was the fourth-grade student at class B in SDN 027 Tarakan. The number of subjects of the research was 28. The research was conducted on 9th February to 20th February 2012. This research was conducted on 2 cycles. Data of the research was obtained from the research of final test on each cycle. The form of the test was essay, and it was individually test. The result of analysis showed that there was an increasing the learning result of the fourth-grade students at class B in SDN 027 Tarakan in material reductions integer arithmetic operations through cooperative learning type of number heads together with learning props. It can be seen from the increasing in the average scores from 70.3 in cycle I to 91.4 in cycle 2 and the classical achievement was 75%. According to the Yulaelawati’s opinion (in Iskandar:2005) is when the learner achieved 60% - 80% of the competencies, the learner can study the next competencies. It can be concluded that teaching material reductions integer arithmetic operations through cooperative learning type of number heads together with learning props can increase the students’ learning result.

Detail Informasi