Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pada Materi Permukaan Bumi Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas 3 SDN No 007 Tarakan Tahun Pembelajaran 2011/2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pada Materi Permukaan Bumi Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas 3 SDN No 007 Tarakan Tahun Pembelajaran 2011/2012

Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pada Materi Permukaan Bumi Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas 3 SDN No 007 Tarakan Tahun Pembelajaran 2011/2012

Pengarang : Hj. Supyana Ilyas - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan motivasi belajar anak dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas 3 SDN 007 Mamburungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN 007 Mamburungan Tarakan dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Sedangkan obyek dalam penelitian ini terdiri dari tiga unsur yaitu unsur siswa, unsur guru, dan unsur materi pelajaran.
Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa, pada penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Siklus I dan Siklus II masing-masing dilaksanakan dalam dua kali tatap muka, sedangkan Evaluasi dilakukan setelah siklus I dan Siklus II selesai. Stiap Siklus terdiri dari tahapan-tahapan sebagai berikut : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta analisis dan refleksi.
Data hasil Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukan bahwa rata-rata nilai motivasi belajar siswa kelas 3 SDN Nomor 007 Tarakan pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan rata-rata nilai motivasi sebesar 28,27 yaitu dari siklus I yang hanya mencapai 64,83 menjadi 93,10 pada siklus II.Berdasarkan dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio visual pada materi permukaan bumi dapat meningkatkan motivasi siswa kelas 3 SDN nomor 007 Tarakan.

This study aims to determine the extent to which an increase in motivation to study children using audio-visual media in the Grade 3 SDN 007 Mamburungan. This research was classroom action research. The subjects of this study were 007 grade 3 students SDN Mamburungan Tarakan by the number of students by 29 students. While the objects in this study consists of three elements, namely the element of students, teachers elements, and elements of the subject matter. To find an increase in student motivation, the study was conducted by using two cycles. first cycle to the second cycle each run in two face-to-face, while the evaluation is done after a first cycle and second cycle is completed. Each cycle consists of the following stages: planning, action, observation, and evaluation as well as analysis and reflection. Classroom Action Research result shows that the average value of Grade 3 students' motivation SDN No.007 Tarakan in the first cycle to the second cycle increased the average value of 28.27 is the motivation of the first cycle, which only reached 64.83 to 93,10 on the second cycle. Based on the results of this study it can be concluded that learning by using audiovisual media at the earth's surface materials can increase student motivation SDN number 007 grade 3 Tarakan.

Detail Informasi