Meningkatkan Pemahaman Belajar Membaca Anak Tunarungu Melalui Metode Pembelajaran Kosa Kata Dan Media Gambar Di Kelas IV Sekolah Luar Biasa Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Pemahaman Belajar Membaca Anak Tunarungu Melalui Metode Pembelajaran Kosa Kata Dan Media Gambar Di Kelas IV Sekolah Luar Biasa Kota Tarakan

Meningkatkan Pemahaman Belajar Membaca Anak Tunarungu Melalui Metode Pembelajaran Kosa Kata Dan Media Gambar Di Kelas IV Sekolah Luar Biasa Kota Tarakan

Pengarang : Herri Suprapto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar anak tunarungu melalui metode pembelajaran kosa kata dan media gambar di kelas IV Sekolah Luar Biasa Kota Tarakan. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 17 Maret-30 April 2012.Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV Anak Tunarungu SLB Tarakan dengan jumlah 4 siswa,dengan rincian 3 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pemahaman belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar klasikal 50% dan pada siklus II ketuntasan belajar klasikal 75%.
Kesimpulan penelitian tindakan kelas ini adalah metode pembelajaran kosa kata dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa.

Kata Kunci: Belajar Membaca, Tunarungu, Metode Pembelajaran, Kosa Kata, Media Gambar

This study aims to enhance understanding through deaf children learning vocabulary learning methods and media figure In class IV Extraordinary School city of Tarakan. The research was carried outstarting from17 March to 30 April 2012.The subject of research is Deaf Children fourth grade students SLB Tarakan by the number of4 students, with details 3 male students and one female student. The research was conducted by 2 cycles. The results of the research that has been done shows that there is an increased understanding of student learning. It can be seen from understanding student learning in the first cycle mastery learning classical 50%andin the second cycle mastery learningclassical75%. Conclusion classroom action research is a method of learning vocabulary can improve student comprehension. Keywords: Learning To Read, Hearing Impairment, Learning Methods, Vocabulary, Media Images

Detail Informasi