
Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V SDN 043 Tarakan Dengan Menggunakan Media Gambar
Pengarang : Herniaty Palebangan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Pada hakekatnya Bahasa adalah salah satu alat komunikasi, melalui bahasa manusia dapat saling berhubungan, saling berbagi pengalaman, saling belajar dari yang lain, untuk meningkatkan kemampuan intelektual. Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah program untuk mengembangkan pengetahuan, ketrampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa dimaksud meliputi keterampilan berbicara dan keterampilan menulis. Kenyataannya, di kelas V Sekolah Dasar Negeri 043 Tarakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terutama materi menulis puisi ditemui siswa yang kurang aktif dan kreatif. Siswa hanya mendengarkan guru membacakan sebuah puisi tanpa diberi kesempatan untuk berkreasi membuat puisi bebas sesuai kemampuannya. Penulis melakukan penelitian tindakan kelas untuk mengatasi permasalahan tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN 043 Tarakan. Peneliti menggunakan model pembelajaran media gambar berdasarkan rumusan masalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi di kelas V SDN 043 Tarakan.
Hasil penelitian dipaparkan secara kualitatif. Hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran Bahasa ndonesia, siswa dapat menulis puisi dengan baik dan benar. Pembelajaran siklus ke 1 adalah 64,8 dan ketuntasan belajar mencapai 53% dan siklus ke 2 adalah 77 dan ketuntasan belajar mencapai 97%.
Kata Kunci: Menulis Puisi/Media Gambar
Language is essentially a means of communicate, through of language humans can interact, share experiences, learn from each other, to improve intellectual ability. Standard Indonesian Language competence is a program to develop the knowledge, language skills. Shall include language skills speaking skills and writing skills. In fact, the class V Elementary School 043 Tarakan in Indonesian learning specially materials mainly to write poetry encountered students who are less active and creative. Students only listen to the teacher read a poem without being given the opportunity to create a freely poetry according to its ability. The writer uses the Classroom Action Research to solve these problems how to increase the ability to write poetry on 5 grade students of SDN 043 Tarakan. Based on the background of students, the writer focuses the problem i.e.: "How can increase the ability to write poetry on 5 grade students of SDN 043 Tarakan using media images" with the aim of the research to "enhance the ability to write poetry on 5 grade students of SDN 043 Tarakan". The writer uses the Classroom Action Research to solve these problems by using qualitative analysis. The results are also presented in a qualitative way. The analysis of data obtained can be concluded that an increase learning outcomes use of media images on Indonesia language subjects, students can write poetry well and correctly. Learning of the one cycle is 64.8 and 53% learning completeness and the second cycle is 77 and studying to reach 97% completeness. Keywords: Writing a Poetry/Image Media