Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Energi Dan Penggunaannya Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas IV E SDN 029 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Energi Dan Penggunaannya Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas IV E SDN 029 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Energi Dan Penggunaannya Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas IV E SDN 029 Tarakan

Pengarang : Henny Sisilia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) telah dilaksanakan di SDN 029 Tarakan pada semester II tahun 2011/2012, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV E SDN 029 Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi dan penggunaannya dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap perilaku siswa dan tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh siswa pada setiap siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar 60% dan pada siklus II ketuntasan belajar klasikal 80%.
Kesimpulan PTK ini adalah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV E SDN 029 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Metode Pembelajaran Eksperimen

Classroom Action Research (CAR) has been implemented in the SDN 029 Tarakan in the second semester of 2011/2012, the research subjects were students of class IV E SDN 029 Tarakan. This study aims to improve student learning outcomes in energy and material usage by using experimental methods. This study was conducted in two cycles where each cycle consists of 2 meetings. The research instrument to obtain data on student progress are observations of student behavior and achievement test consisting of 10 multiple choice questions. These results indicate an improvement in student learning outcomes. It can be seen from the results obtained by students in each cycle. Student learning outcomes in the first cycle and 60% mastery learning on mastery learning classical second cycle of 80%. Conclusion PTK is the use of experimental methods to improve student learning outcomes grade IV E SDN 029 Tarakan. Keywords: Learning Outcomes, IPA, Experimental Learning Methods

Detail Informasi