
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Dan Kelestarian Lingkungan Menggunakan Media Berbasis TIK Kelas IV SDN 043 Tarakan
Pengarang : Hartini - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi Sumber daya alam dan kelestarian lingkungan dengan menggunakan media berbasis TIK di SDN 043 Tarakan yang dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas.Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini membuat indikator keberhasilan sebagai parameternya terdiri dari : pelaksanaan pembelajaran di sekolah , aktivitas mengemukakan pendapat , merespon pertanyaan guru, bisa mengambil manfaat dan pesan moral yang disampaikan dalam kegiatan belajar yang mengarah pada perilaku dan sikap siswa yang lebih baik.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Media Berbasis TIK terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam Pembelajaran IPA Materi sumber daya alam dan kelesterian lingkungan.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Strategi Pembelajaran Media Berbasis TIK
The purpose of this study to determine the learning outcome of students in science learning resource materials and environmental sustain ability by using ICT – based media in the fourth grade 043 Tarakan. executed action research data collection techniques in this study makes an indicator of success as the parameters are: the implementation of learning in schools, activity expression, responding to questions teachers can benefits and the moral message conveyed in learning activities that lead to student behavior and attitude. From the results of the study showed that learning by using ICT based media increase students’ skills in science learning materials of natural resources and environmental sustain ability. Keywords: Science Learning Outcomes, Learning Strategies Guided ICT–Based Media