Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas IV A SDN 002 Tarakan Dengan Menggunakan Media Gambar | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas IV A SDN 002 Tarakan Dengan Menggunakan Media Gambar

Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas IV A SDN 002 Tarakan Dengan Menggunakan Media Gambar

Pengarang : Haniah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Salah satu dari proses pembelajaran di Sekolah Dasar adalah siswa dituntut untuk dapat menulis karangan yang bagian dari mata pelajaran bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran menulis karangan penulis mengamati bahwa siswa kesulitan dalam mengimplementasikan dan mengembangkan daya imajinasinya kedalam bentuk karangan. Kendala lain yang terkadang ditemui oleh siswa dalam menulis karangan antara lain, siswa kesulitan menemukan ide, kesulitan menentukan kata-kata dalam menulis karangan, kesulitan dalam memulai menulis, kesulitan mengembangkan ide menjadi karangan karena minimnya penguasaan kosa kata, dan kesulitan menulis karangan karena tidak terbiasa mengemukakan perasaan, pemikiran, dan imajinasinya.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas IV A SDN 002 Tarakan dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yakni suatu penelitian yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki hasil belajar.
Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media gambar pada pelajaran karangan bebas dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan sederhana. Siklus 1 (satu) dan 2 (dua) membuktikan bahwa penelitian ini telah berhasil yang dilakukan oleh penulis. Nilai Rata-rata pada penelitian pada siklus pertama sebesar 66,2 dan dilanjutkan pada siklus yang kedua sebesar 74,33. Pada tiap siklus terjadi peningkatan nilai rata-rata sehingga dapat dibuktikan bahwa menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas IV A SDN 002 Tarakan.

Kata Kunci: Menulis, Karangan, dan Media Gambar

One of the learning processes in elementary schools is the students are required to be able to write the essay is the subject of the Indonesian language. In learning to write essays the authors observed that the students' difficulties in implementing and developing the imagination into a form of composition. Another obstacle often encountered by students in writing essays, among others, students have trouble finding an idea, the difficulty of determining the words in essay writing, difficulty in starting to write, the difficulty of developing an idea into writing because of the lack of mastery of vocabulary, and difficulty writing essays because it is not used express feelings, thoughts, and imagination. The purpose of this study was to improve the ability in writing a simple essay of IV A grade students of SDN 002 Tarakan through pictures. This study was a Classroom Action Research (CAR). It was conducted to improve the result of visual learning (pictures) using a simple essay instruction. The results of the study proved that the use of visual media for free essay writing lesson could increase student’s ability to write a simple essay. Each cycle either first or second proved that this study worked successfully. The increasing of average score from each cycle showed that the use of visual media (pictures) could improve writing skill especially a simple essay of IV A Grade student of SDN 002 Tarakan. Keywords: Writing, Authorship, and Media Images

Detail Informasi