
Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Kartu Kata Meningkatkan Pada Siswa Kelas I SD Nurul Islam Tarakan
Pengarang : Aisyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Hasil observasi awal diketahui bahwa kemampuan membaca siswa kelas I SD Nur Islam Tarakan masih rendah yang disebabkan oleh metode konvensional pembelajarannya yang kurang menarik bagi siswa. Dari masalah yang ada dikelas 1 terdapat satu masalah yang sangat mengkhawatirkan itu adalah 34 siswa yang ada hanya 65% yang dapat membaca. Hal itu diketahui dengan ciri-cirinya yang terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa yang tidak membaca dengan benar, tidak serius dalam belajar, gemar menyontek hasil kerja teman sebangkunya, beberapa penyebabnya antara lain siswa tidak konsentrasi pada saat guru menjelaskan materi, guru suka membiarkan siswa membaca sendiri tanpa bimbingan, dan siswa yang masuk di SD rata-rata belum mengikuti pendidikan di Taman Kanak-Kanak. Tujuan penulisan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan kartu kata pada siswa kelas 1 SD Nurul Islam Tarakan.
Berdasarkan analisa data, Hasil Belajar siswa dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Pada Siklus I rata-rata hasil Tes 63 dan pada Siklus II rata-rata hasil Tes adalah 74. Pada siklus I dan siklus II terjadi nilai peningkatan. Diperoleh hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga, dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Kartu, Kata, Media, Siswa
The results of preliminary observations in mind that the ability of elementary students' reading class I Tarakan Nur Islam is still low due to the conventional method of learning that are less attractive to students. Of the existing problems in class 1 there is a very worrying issue is that there are 34 students only 65% that can be read. It was known to the characteristics seen in the learning process takes place when students are not reading it correctly, is not serious in learning, work like cheating sebangkunya friends, some of the causes include the student not concentrating when teachers explain the material, teachers like to let students read on their own without guidance, and students who entered in the average elementary education has not been followed in kindergarten. The objective is to improve reading skills by using word cards in the 1st grade student Nurul Islam Tarakan. Based on data analysis, results of student learning has increased in each cycle. On average I cycle test results on the Cycle II 63 and the average test result was 74. On the cycle I and cycle II occurred the increase. The results of student learning in the learning process by using visual aids, in every cycle has increased. This positive impact on student achievement in each cycle that is constantly increasing. Keywords: Cards, Words, Media, Students