Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 4 Malinau Utara Tahun Ajaran 2022/2023 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 4 Malinau Utara Tahun Ajaran 2022/2023

Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 4 Malinau Utara Tahun Ajaran 2022/2023

Pengarang : Indah Retna Dini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui “Hubungan Antara Dukungan sosial dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Malinau Utara”. Prestasi Belajar diartikan sebagai pengukur atau tingkatan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan di sebuah program pengajaran. Dukungan Sosial merupakan kesediaan orang-orang disekitar yang dipercaya oleh individu, yang dapat diandalkannya dan yang membuatnya merasa nyaman, diperhatikan, dihargai, dipedulikan, dan disayangi dalam jaringan kewajiban. Terdapat empat indikator dari dukungan sosial, yaitu: dukungan emosional, dukungan instrumen, dukungan informasi, dan dukungan penilaian. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Adapun populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah populasi jenuh, sebanyak 120 siswa. Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif dan analisis korelasional dengan menggunakan SPSS 25.0 For Windows versi 25.0 diperolehan nilai koefisien sebesar 0,609 yang jika dibandingkan dengan r tabel = 0,124 pada taraf signifikan 5% dengan N = 120, oleh karena nilai signifikan (0,000 < 0,05). Dapat diartikan bahwa adanya hubungan secara signifikan antara dukungan sosial dengan prestasi belajar. Dengan menggunaan skala dukungan sosial, dapat diketahui bahwa dukungan instrumen lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Semakin tinggi dukungan sosial, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Sehingga hasil ini dapat menunjukkan bahwa adanya hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Malinau Utara.

Kata Kunci: Dukungan Sosial, Prestasi Belajar

Learning Achievement is defined as a measure or level of success of students in achieving the goals set in a teaching program. Social support is the willingness of people around who are trusted by the individual, who can be relied on and who makes him feel comfortable, cared for, valued, cared for, and loved in the network of obligations. There are four indicators of social support, namely: emotional support, instrument support, information support, and assessment support. This research was correlational research. The population and sample in this study was a saturated population involving 120 students. Based on the results of descriptive analysis and correlational analysis using SPSS 25.0 For Windows version 25,0, a coefficient value of 0,609 was obtained which when compared to 1 table-0.124 at a significant level of 5% with N- 120, because the value was significant (0,000 < 0,05). There was a meaningful relationship between social support and learning achievement. Using the scale of social support, it can be seen that instrument support has more influence on student achievement. The higher the social support that the students gained, the higher the student achievement was obtained. Therefore, these results can indicate that there was a relationship between social support student achievement at SMP Negeri 4 Malinau Utara. Keywords: Social Support, Learning Achievement

Detail Informasi