
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Cerita Rumpang Melalui Pemanfaatan Cerita Rakyat Di Kelas IV SDN 038 Tarakan
Pengarang : Fitri Aningsih - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang di hadapi oleh guru,untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran menulis cerita rumpang dengan memanfaatkan cerita rakyat.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan cerita rakyat dapat meningkatkan hasil belajar menulis cerita rumpang. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya kenaikan pada siklus I 70,38 % dan siklus II 80,76 %.Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar menulis cerita rumpang siswa kelas IV.A SDN.038 Tarakan meningkat dengan memanfaatkan cerita rakyat.
Kata Kunci: Menulis, Cerita Rumpang dan Cerita Rakyat
The watchfulness wears class action watchfulness model that is kind class watchfulness, carried out by teacher to study problem that faced by teacher, to repair quality and study result. This watchfulness design consists of planning, execution, observation, and reflection. His watchfulness is carried out two cycles. This watchfulness aims to increase result learns class student IV in study writes rumpang story by using people story. The information result analysis refer is in the learn with combine people story can increased result study writing rumpang story and can the see from the cycle I 70,38 % and cycle II 80,70 %. In order to get the conclusion that students’ Writing rumpang story class IV.A SDN 038 Tarakan increasing by using people story. Keywords: Writing, Rumpang story and People Story