Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tematik Berbantuan Media TIK Kelompok B PAUD Sandhy Putra Tarakan Tahun Pembelajaran 2011/2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tematik Berbantuan Media TIK Kelompok B PAUD Sandhy Putra Tarakan Tahun Pembelajaran 2011/2012

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tematik Berbantuan Media TIK Kelompok B PAUD Sandhy Putra Tarakan Tahun Pembelajaran 2011/2012

Pengarang : Fenny Susan Agustina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tematik, media yang digunakan adalah media Teknologi informasi komunikasi. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan dua siklus, siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam dua kali tatap muka. Subyek penelitian adalah siswa kelompok B PAUD Sandhy Putra Tarakan Tahun Pembelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 30 orang terdiri atas 18 siswa laki – laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik non tes (lembar observasi guru). Hasil penelitian dialasis menggunakan statistik deskriptif (sederhana) yaitu teknik presentase dan dihubungkan dengan standar indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.
Hasil belajar siswa kelompok B PAUD Sandhy Putra Tarakan tahun pembelajaran 2011/2012 pada proses pembelajaran telah terjadi peningkatan yang semula pada akhir siklus I, 8 siswa dalam kategori kurang, 6 siswa dalam kategori cukup, dan 14 siswa dalam kategori baik dengan presentase 53.47%, pada siklus II menjadi 6 siswa dalam kategori cukup, 13 siswa dalam kategori baik dan 11 siswa dalam kategori sangat baik dengan presentase 82.27%.

The purpose of this research was to improving students learning achievement by using Thematic Learning model aided by information communication and technology. This study used classroom action research by using two cycles, cycle I and cycle II was done on two meetings. The subject was the students group B PAUD Sandhy Putra Tarakan in the year academy 2011/2012 consist of 30 students, they are 18 boys n 12 girls. The data of the study in this study were non written tests (teacher’s observation). The data was analyzed by using simple descriptive statistic, which is the percentage technique was matched with criteria of success. Student result of group B PAUD Sandhy Putra Tarakan in the year academy 2011/2012 on process learning was improve on cycle I, 8 student’s was low categories, 6 student’s was enough, and 14 student’s was good categories with percentage 53.47% becoming on cycle II, 6 student’s was enough, 13 student’s was good categories, and 11 student’s was very good categories with percentage 82.27%.

Detail Informasi