Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Keutuhan NKRI Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas VB SDN 015 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Keutuhan NKRI Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas VB SDN 015 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Keutuhan NKRI Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas VB SDN 015 Tarakan

Pengarang : Evi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk peningkatan hasil belajar PKn menggunakan pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning dikelas V-B SDN 015 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan suatu kegiatan untuk memperbaiki proses belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam kelas secara bersama.
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan, yang pembelajarannya dilakukan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning menggunakan alur 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan kegiatan tes (tes tertulis) dan kegiatan non tes (pengamatan /observasi) mengenai kegiatan belajar siswa, selanjutnya hasil analisis data yang diperoleh kemudian ditunjukkan dalam hasil persentase peningkatan hasil dalam pelaksanaannya. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa nilai presentasi ketuntasan siswa sebelum dilaksanakan tindakan keberhasilan mencapai 44%, sedangkan pada siklus 1 mencapai 77% dan siklus II meningkat mencapai 87%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, Pendekatan Contextual Teaching and Learning

The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the Students’ Achievement on NKRI through Contextual Teaching and Learning at Fifth Grade Students of SD Negeri 015 Tarakan. The research was done from 28 to 11 July 2012 in odd semester 2012/2013. This research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and test. Before conducting the action, the percentage of the students who gain the minimum score was 44%. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 77% and the second cycle was 87% of the students who gained the minimum score. It indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by Contextual Teaching and Learning. By understanding the result of this study, it can be concluded that the Contextual Teaching and Learning can improve the Students’ Achievement on NKRI at fifth grade students of SD Negeri 015 Tarakan. Keywords: Contextual Teaching and Learning, Students’ Achievement

Detail Informasi