Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Utama 1 Tarakan Tahun Pembelajaran 2011-2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Utama 1 Tarakan Tahun Pembelajaran 2011-2012

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Utama 1 Tarakan Tahun Pembelajaran 2011-2012

Pengarang : Eva Susanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan minat belajar Matematika siswa kelas IV SDN Utama 1 Tarakan pada materi keliling dan luas jajargenjang dan segitiga menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV di SDN Utama 1 Tarakan tahun pembelajaran 2011-2012.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IV SDN Utama 1 Tarakan. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan angket minat belajar siswa. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan minat belajar Matematika siswa kelas IV SDN Utama 1 Tarakan pada materi keliling dan luas jajargenjang dan segitiga. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi keaktifan siswa, sedangkan minat belajar Matematika siswa dapat dilihat dari hasil angket minat belajar siswa.
Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan keaktifan dan minat belajar Matematika siswa pada pembelajaran Matematika adalah melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD.

This research aimed at improving the student’s active participation and interest in learning mathematics on geometrics (circumference, parallelogram and triangle) throng cooperative learning model type STAD at class IV of SDN Utama I Tarakan in academic year 2011-2012. This research employed Classroom Action Research (CAR) which was carried out at class IV of SDN Utama I Tarakan. To obtain, the data, the researcher used observation sheet and questionnaire. The data then were analyzed quantitively and qualitatively. The result of the research showed that there was an improvement on student’s active participation and interest in learning mathematics on geometrics (circumference, parallelogram, and triangle) at class IV of SDN Utama I Tarakan. It can be seen from the result of observation for student’s active participation and the result of student’s interest. Thus, one of the efforts that can be done to improve the student’s active participation and interest in learning mathematics is by using cooperative learning model type STAD.

Detail Informasi