Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas I A SDN 038 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas I A SDN 038 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas I A SDN 038 Tarakan

Pengarang : Erli Darliana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Bagi siswa kelas satu, kartu huruf merupakan suatu objek mudah merangsang dan membantu dalam pembelajaran. Dengan kartu huruf, siswa lebih tertarik untuk mengetahui nama-nama benda yang ditampilkan. Setelah mengatahui nama benda tersebut siswa akan lebih mudah untuk menuangkan dalam bentuk bacaan. Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar membaca siswa di kelas I A SDN 038 Tarakan.
Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata adalah 65.8 dan pada siklus II sebesar 80.4. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 86.7% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar membaca siswa kelas I A SDN 038 Tarakan tahun 2011/2012 meningkat dengan menggunakan media kartu huruf.

Kata Kunci: Membaca dan Media Kartu Huruf

For students in grade one, the card is an object that is easy to stimulate and assist in learning. With card, students are more interested to know the name of the object depicted. after knowing the name of the student body will be easier to pour in reading. This study uses classroom action research model (PTK) which ranges from research conducted by classroom teachers learn to solve problems faced by teachers, to improve the quality and learning outcomes. The study design consists of planning, implementation of the observation, and reflection. The experiments were performed two cycles. This study aims to improve learning outcomes of students in class reading of I A SDN 038 Tarakan. Data from this analysis can be concluded that the learning outcomes of students increased from cycle 1 the average value was 65.8 and 80.4 for the second cycle. exhaustiveness in the classic style while reading 86.7% in order to get the conclusion that students' reading class I A SDN 038 Tarakan year 2011/2012 increasing by using media letter of the card. Keywords: Reading and Media Letter of The Card

Detail Informasi