Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V-2 SDN Utama 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V-2 SDN Utama 2 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V-2 SDN Utama 2 Tarakan

Pengarang : Emilia Astria Rahman - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V-2 SDN Utama 2 Tarakan ditemukan adanya permasalahan, yaitu (1) siswa belajar dengan menghafal konsep-konsep matematika bukan belajar untuk mengerti konsep-konsep matematika, (2) siswa kesulitan dalam memecahkan soal-soal matematika yang berbentuk aplikasi, (3) siswa menganggap pelajaran matematika hanya merupakan suatu beban, dan (4) siswa merasa bosan dengan iklim kelas yang kurang mendukung berkembangnya potensi keunggulan peserta didik secara optimal.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together di kelas V-2 SDN Utama 2 Tarakan. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V-2 SDN Utama 2 Tarakan yang berjumlah 31 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masingmasing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil belajar matematika pada tes awal sebelum siklus diperoleh rata-rata 63,29 dengan ketuntasan belajar 50.61%, pada siklus 1 rata-rata yang diperoleh diperoleh 72,26 dengan ketuntasan belajar klasikal 83,87%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 74,63 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,10%.
Kesimpulan PTK ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V-2 SDN Utama 2 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Numbered Heads Together

Based on the observation result for grade five student of SDN Utama 2 Tarakan have discoverable there are many problems, that is (1) students have mathematic concepts, (2) students difficult to resolve mathematic question with application, (3) the student assume that mathematic lesson only a loans and (4) students get bored with the weather of class that less of supporting develop the excellent student optimally. The aim of research is to perceive the increasing students mathematic, learning result with application lesson model numbered heads together in fifth grade student of SDN Utama 2 Tarakan. The subject of research classroom action class are fifth grade students of SDN Utama 2 Tarakan, that amount 31 students. Classroom action class is accomplished in 2 cycles, each cycles consist of 4 steep there are planning, action, observing and reflection. Data was collected by using test and observation technic. Result of mathematic learning in early test before cycle, obtain average 63.29 with student completeness classical study is 50,61% in first cycle average obtain 72.26 with students completeness classical 83,87%, and in second cycle the average of learning result increase to 74,63 with completeness classical study is 87.10 %, conclusion of classroom action class is application lesson model Numbered Heads Together able to improve mathematic learning result fifth grade student of SDN Utama 2 Tarakan. The conclusion of the research classroom action class is research by using lesson model Numbered Heads Together students in fifth grade students of SDN Utama 2 Tarakan improving learning result to flat structure character. Keywords: Mathematic Learning Result, Lesson Model Numbered Heads Together

Detail Informasi