Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual Siswa Kelas IVA SDN 027 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual Siswa Kelas IVA SDN 027 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual Siswa Kelas IVA SDN 027 Tarakan

Pengarang : Dimas Tridevaluanda Putra - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kemampuan menulis karangan sederhana dengan menggunakan media pembelajaran audio visual siswa kelas IVA SDN 027 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memusatkan perhatian pada aspek kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas IVA SDN 027 Tarakan.
Siswa kelas IVA SDN 027 Tarakan sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.
Untuk pengambilan sampel, penulis mengambil semua anggota populasi sebanyak 29 siswa sehingga penelitian ini dinamakan penelitan sampel. Alat pengumpul data berupa tes unjuk kerja yakni, membuat karangan sederhana berdasarkan pengalaman pribadi.
Penelitian ini dilaksanakan 2 Siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil nilai rata-rata siklus I adalah 66,41% dan pada siklus II mencapai 74,41%. Sehingga mengalami peningkatan rata-rata sebanyak 9,00 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan mengarang sederhana siswa kelas IVA SDN 027 Tarakan mengalami peningkatan dengan menggunakan media pembelajaran audio visual tahun pelajaran 2011-2012.

Kata Kunci: Kemampuan, Karangan Sederhana, Audio Visual

This study aims to get an illustrate of a simple essay writing ability by using the audio visual learning media for the students of grade IVA SDN 027 Tarakan. The type of research used is the Class Action Research (PTK) and focused attention on ability aspects to write a simple essay for students of grade IVA SDN 027 Tarakan. Students of Grade IVA SDN 027 Tarakan as much as 29 students that consisted of 15 male students and 14 female students. For sampling, the writer takes all members of a sample as much as 29 students therefore this research called sample research. The Data collecting tools such as performance tests, that is the students create a simple essay based on personal experience. This research is applied 2 cycles. Each cycle consists of two sessions. The average value of cycle I is 66,41 % and in cycles II reached 74,41 %. So have average increased as much as 9.00%. The conclusions of this study are the students of Grade IVA SDN 027 Tarakan academic year 2011-2012 has increased on the ability to write a simple essay by using audio visual learning media. Keywords: Ability, A Simple Essay, Audio Visual

Detail Informasi