Meningkatkan Ketrampilan Siswa Dalam Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Model Pembelajaran Tematik Berbantuan Buku Tulis Halus Pada Siswa Kelas IIB SDN 016 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Ketrampilan Siswa Dalam Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Model Pembelajaran Tematik Berbantuan Buku Tulis Halus Pada Siswa Kelas IIB SDN 016 Tarakan

Meningkatkan Ketrampilan Siswa Dalam Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Model Pembelajaran Tematik Berbantuan Buku Tulis Halus Pada Siswa Kelas IIB SDN 016 Tarakan

Pengarang : Dian Hariani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan siswa dalam menulis huruf tegak bersambung melalui pembelajaran tematik berbantuan buku tulis halus, pada subjek PTK siswa kelas Iib SDN 016 Tarakan.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini di laksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tarahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang di gunakan dari hasil observasi peneliti menggunakan lembar kerja kerja siswa. teknik analisa data yang di gunakan peneliti untuk menentukan ketuntasan belajar secara individual dan ketuntasan belajara secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat di lihat dari hasil yang di peroleh pada setiap siklus. Hasil belajar pada siklus I ketuntasan belajar 60% dan pada silkus II menjadi 94%.
Kesimpulan PTK ini adalah penggunaan metode pembelajaran tematik berbantuan buku tulis halus dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 016 Tarakan.

Kata Kunci: Keterampilan, Huruf Tegak Bersambung, Tematik, Buku Tulis Halus

This study aims to improve the learning outcomes of student’s skills in writing letters upright continued through thematic learning aided smooth writing books, on the subject of class IIB classroom action research (PTK) students of SDN 016 Tarakan. Classroom action research (PTK) is carried in two cycles, each consisting of 4 stages: planning, action, observation / observation and reflection. The data collection techniques in this of the observation researchers is using worksheets students work. The data analysis technique used to determine the completeness of researchers to learn individually and learn some vital lessons in classical completeness. The results showed that an increase in student learning outcomes. It able seen from the results obtained in each cycle. Learning outcomes in the first cycle and 60% passing grade on cycles II to 94%. Conclusion of this classroom action research (PTK) is this use of learning methods aided thematic notebooks smooth can improve students learning outcomes SDN 016 class IIB Tarakan. Keywords: Skill, Tall Letters Continued, Thematic, Notebooks Smooth

Detail Informasi