
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Pokok Energi Panas Dan Bunyi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Di Kelas IV-C SDN 012 Tarakan
Pengarang : Darwati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan suatu kegiatan untuk memperbaiki proses belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam kelas secara bersama. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa pada materi pokok energi panas dan bunyi dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Tteaching And Learning) di kelas IV-C SD Negeri 012 Tarakan.
Berdasarkan dari hasil kegiatan tes (ulangan harian) dan kegiatan non tes (lembar pengamatan) mengenai aktivitas kegiatan belajar siswa melalui ulangan harian disetiap akhir siklus, pada siklus I hasil belajar yang dicapai oleh siswa adalah 77,93 dan selanjutnya pada siklus II naik meningkat menjadi 83,79. Demikian juga ketuntasan hasil belajar yang dicapai siswa, adapun ketuntasan hasil belajar yang dicapai siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 57,70 akan tetapi setelah tindakan dilakukan pada siklus I meningkat mencapai 73,33%, kemudian pada siklus II jauh lebih meningkat lagi yakni ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 86,67%.
Hasil belajar siswa pada materi pokok energi panas dan bunyi dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contetual Teaching And Learning) di kelas IV-C SDN 012 Tarakan semester 2 Tahun Pelajaran 2011-2012.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Energi Panas Dan Bunyi, Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)
This research is Classroom Action Research (CAR), which is an activity to improve the learning process in the form of an act deliberately raised and occurs in the classroom together. The purpose of this research is to improve the learning outcomes of the subject matter heat and sound energy using learning model CTL (Contextual Teaching And Learning) in class IV-C Elementary School 012 Tarakan. Based on the results of the test (daily tests) and non-test activities (observation sheet) on the activities of student learning activities through daily tests on each end of the cycle, the first cycle of learning outcomes achieved by students is 77.93 and the subsequent rise in the second cycle increased to 83.79. Similarly, mastery of learning outcomes achieved by students, while mastery learning outcomes achieved by students before the action was 57.70 but after the actions performed in the first cycle increased to 73.33%, then on the second cycle is much more to increase again the mastery of learning outcomes students reach 86.67%. Outcomes in the material pokok heat and sound energy can be increased using the model learning CTL (Contextual Teaching And Learning) in grade IV-C SDN 012 Tarakan semester 2 Academic Year 2011-2012. Keywords: Learning Outcomes, Heat and Sound Energy, Learning Model CTL (Contextual Teaching and Learning)