Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Metode Bermain Menggunakan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas B TK Nurul Falah Juata Permai Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Metode Bermain Menggunakan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas B TK Nurul Falah Juata Permai Kota Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Metode Bermain Menggunakan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas B TK Nurul Falah Juata Permai Kota Tarakan

Pengarang : Darmiyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektivitas pembelajaran tentang kemampuan siswa untuk membaca di TK Nurul Falah Juata Permai Kota Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal Juli–September 2012.
Subjek penelitian adalah anak kelas B2 TK Nurul Falah Juata Permai Kota, dengan jumlah 16 anak yang terdiri 6 siswa putra dan 10 siswa putri.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada siklus I diperoleh hasil belajar anak 2,69 dan hasil presentase ketuntasan sebesar 62,5%. Dan pada siklus II diperoleh hasil belajar anak 3,6 dengan hasil presentase belajar anak 85,71%. Kemudian pada siklus III hasil belajar anak dengan presentasi belajar 3,55 dengan hasil presentasi ketuntasan sebesar 93,3%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar (kemampuan membaca) pada siklus III dengan hasil belajar individual 3,55 dan rata-rata ketuntasan belajar secara klasikal 93,3%.

Kata Kunci: Membaca, Bermain, Kartu Bergambar

The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the students’ reading ability through flashcard at Group B TK Nurul Falah Juata Permai Tarakan. The research was done from July to September 2012, the research objects were student of Group B TK Nurul Falah Juata Permai Tarakan. This research was done into some steps; Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The numbers of students were 16 students, namely 6 boys and 10 girls. Based on the data was take, it can be said that the flashcard can help students to increase the students’ reading performance, the data showed in the first circle was 62.5% and the second circle was 85.71%, then the third circle was 93.3%. Eventually, it can be revealed that the students’ ability in reading performace can be increased through flashcard at Group B TK Nurul Falah Juata Permai Tarakan. Keywords: Flashcards, Students’ Reading Ability

Detail Informasi