Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa Kelas 1F Dengan Menggunakan Remedial Teaching Di SDN 029 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa Kelas 1F Dengan Menggunakan Remedial Teaching Di SDN 029 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa Kelas 1F Dengan Menggunakan Remedial Teaching Di SDN 029 Tarakan

Pengarang : Christina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Ketidakmampuan membaca lancar ini juga dialami dan terjadi di kelas IF SDN 029 Tarakan. Ini tercermin dari hasil tes kemampuan membaca secara individual yang dilakukan guru. Hasil observasi peneliti pada kelas IF SDN 029 Tarakan diperoleh informasi bahwa ada sekitar 45% siswa hasil UTS nilai Bahasa Indonesia adalah 50. Nilai rata-rata tersebut masih kurang dari KKM yang telah ditentukanya itu 65. Nilai Bahasa Indonesia tersebut masih rendah disebabkan oleh kemampuan membaca yang kurang oleh siswa. Kemampuan membaca yang masih rendah disebabkan oleh penerapan media pembelajaran yang kurang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa kelas 1F SDN 029 Tarakan dengan menerapkan remedial teaching. Berdasarkan analisa data, Hasil Belajar siswa dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Pada Siklus I rata-rata hasil Tes adalah 59,06 dan pada Siklus II ratarata hasil Tes adalah 70,94. Pada siklus I dan siklus II terjadi nilai peningkatan sebesar 11,88. Mengajar membaca dengan menggunakan Remedial Teaching memberi dampak positif terhadap prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: Membaca, Siswa, Remedial Teaching

Inability on fluent reading was faced by the first grade students of SDN 029 Tarakan class 1F. It was known form the result of reading test was conducted by the teacher individually. Based on the result of observation which was done by the researches at class 1F SDN 029 Tarakan. Shown 45% students got low score on Bahasa Indonesia mid form test. It was 50. score ‘50’ was under of KKM score. KKM score was 65. It was caused the students ability on reading low. The low reading ability of the first grade students of class 1F SDN 029 Tarakan was caused by the minimum on implementation of media on instruction. The research was conducted at SDN 029 Tarakan. The aim of the research was to improve the fluent reading skill of the first grade students of class 1F SDN 029 Tarakan by using remedial teaching. Based on the result of the study, the reset of students learning in each cycles showed improment of learning. At the cycle 1, the average of the result test was 59.06. Then, at the cycle 2, the average of the result test was 70.94. There was improving score from cycle 1 to cycle 2. The score was 11.88. Teaching reading by using remedial teaching brings good impact for the student’s achievement on learning. Keywords: Reading, Students, Remedial Teaching

Detail Informasi