
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVA IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di SDN 009 Tarakan
Pengarang : Chairul Amin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVA IPA Pada Materi Daur Hidup Hewan Melalui model pembelajaran picture and picture di SDN 009 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan afektif siswa dan pengamatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa sebelum dilaksanakan tindakan adalah 65, sedangkan pada siklus I sebesar 79,28 dan siklus II meningkat menjadi 92,14.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran Picture and Picture pada pembelajaran IPA pada siswa kelas IVA SDN 009 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Picture and Picture
The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve The Students’ Natural Science Achievement Through Cooperative Learning Type picture and picture at Fourth Grade Students of SD Negeri 009 Tarakan. The research was done from 19 July to 7 September 2012 in odd semester 2011/2012. This research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and test. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 79.28 and the second cycle was 92.14. It indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using picture and picture Model. By understanding the result of this study, it can be concluded that the Cooperative Learning Type picture and picture Model can improve the Students’ Natural Science Achievement Through Cooperative Learning Type picture and picture at Fourth Grade Students of SD Negeri 009 Tarakan. Keywords: Picture and Picture, Students’ Achievement