
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Penjumlahan Berbantuan Alat Peraga Kantong Nilai Plastik Transparan Kelas III C SDN 042 Tarakan
Pengarang : Binaria - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika (penjumlahan tiga angka dengan teknik menyimpan) melalui penerapan model tematik di kelas III.C SDN 042 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III.C SDN 042 Tarakan yang berjumlah 30 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,00 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 70%. Pada siklus diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84,00 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 93,33%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika (penjumlahan tiga angka dengan teknik menyimpan) melalui penerapan model tematik di kelas III.C SDN 042 Tarakan.
Purpose of this research is to improve student learning outcomes in mathematics learning (sum of three numbers with the techniques of save) through the implementation of the model in the third thematic SDN 042 Tarakan. type of research is a classroom action research carried out in two cycles in which each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. data obtained in this study include: student learning outcomes in the capture of giving test questions at the end of the cycle, and the students in learning activities in the capture of the observation sheet. study subjects were students IIIC SDN 042 Tarakan which amounts to thirty students. Based on the research that has been carried on, in the first cycle were obtained an average of 76.00 students' learning outcomes and learning minimal percentage of completeness of 70%. In cycle obtained average student learning outcomes of 84.00 and a percentage of 93.33% mastery learning. The results showed that an increase to improve student learning outcomes in mathematics learning (sum of three numbers with the techniques of save) through the implementation of the model in the third thematic SDN 042 Tarakan.