Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Di Kelas V-B SDN 018 Tarakan Tahun Pembelajaran 2011/2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Di Kelas V-B SDN 018 Tarakan Tahun Pembelajaran 2011/2012

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Di Kelas V-B SDN 018 Tarakan Tahun Pembelajaran 2011/2012

Pengarang : Asrini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini mengetahui peningkatan hasil kualitas pembelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya di kelas V-b SDN 018 Tarakan tahun pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 16 Januari- 30 April 2012.
Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V-b SDN 018 Tarakan dengan jumlah 36 siswa, siswa laki-laki 23 dan siswa perempuan 13.
Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana aktivitas setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan adalah menerapkan pembelajaran cooperative learning tipe STAD (student teams achievment division).
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas guru. Siklus I dengan rata-rata hasil belajar 84,07 dan aktivitas guru 99,43. Siklus II dengan rata-rata hasil belajar 93,46 dan aktivitas guru 100 dengan indicator kinerja berada pada nilai klasikal 93% sangat berhasil.

Kata Kunci: Pembelajaran Cooperative Learning, Sifat-Sifat Cahaya

The aim of this research is to know the result of yield improvement of quality science learning about the properties of light in grade V-b SDN 018 Tarakan Academic Year 2011/2012. The research was carried out starting from 16 January to 30 April 2012. Research subject are students of grade V-b SDN 018 Tarakan with the total of 36 students, 23 male students and 13 female students. The study was conducted in 2 cycles, where each cycle activities include planning, action, observation, evaluation, and reflection. Learning model used is applying Cooperative Learning Model STAD type (student teams achievement division). The results of this study showed an increase in learning outcomes and teacher activity. The first cycle with an average of 84.07 learning outcomes and teacher activity 99.43. The second cycle with an average of 93.46 learning outcomes and the teacher activity of 100 with performance indicators are the classical value 93% was very successful. Keywords: Cooperative Learning, Properties Of Light

Detail Informasi