Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VB Di SDN 031 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VB Di SDN 031 Tarakan

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VB Di SDN 031 Tarakan

Pengarang : Almuhayatsyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan sejauh mana penggunaan metode Problem Based Learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika pada siswa kelas VB SDN 031 Tarakan dalam memahami konsep penjumlahan pecahan.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan selama 60 hari, mulai tanggala 20 April sampai dengan 20 Juni 2012. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN 031 Tarakan dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
Metode Problem Based Leraning sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk berfikir dan bertindak dalam pemecahan masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama siklus I terdapat peningkatan kualitas belajar siswa dan lebih terlihat pada siklus II, dari 69,54% (siklus I) menjadi 80,90% (siklus II), terjadi peningkatan sebesar 66% atau sebanyak 86,36% telah mencapai standar ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 70.

Research objectives were to describe the extent to which the use of Problem Based Learning method can improve the quality of teaching mathematics in grade VB SDN 031 Tarakan in understanding the concepts of addition fractions. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The experiment was conducted for 60 days, starting at 20 April to 20 June 2012. Subjects were 031 students of class VB SDN Tarakan by the number of students by 22 students consisting of 11 male students and 11 female students. Problem Based learning method as one way to improve the quality of learning, laying concrete foundations for thought and action in solving problems. The results showed that during the first cycle there is an increase in the quality of student learning and more visible in the second cycle, from 69.54% (first cycle) to 80.90% (cycle II), an increase of 66% or as much as 86.36% have achieve the standards set the minimum passing grade of 70.

Detail Informasi