
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Tentang Rangka Manusia Di Kelas IV-B SDN 003 Tarakan
Pengarang : Alfrida Tonapa Leppa - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Berdasarkan hasil observasi ditemukan adanya permasalahan, yaitu (1) keaktifan dan kreativitas siswa dalam mengeluarkan ide-ide terhadap permasalahan tidak menunjukkan hasil yang memuaskan,( 2) siswa tidak antusias pada saat awal sampai akhir pelajaran dan (3) siswa tidak dilibatkan dalam pembelajaran langsung.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada siklus I nilai hasil belajar siswa yaitu 69.00 % sementara pada siklus II meningkat yaitu 87,09%. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah Model Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Numbered Heads Together
Based on the observation of the problems that (1) Liveliness and creativity of students in reveal the ideas to the problems do not show a satisfactory outcome, (2) Students are not enthusiastic at the beginning until the end of the lesson and (3) Students not directly involved in the learning. This research was conducted in two cycles. The results showed in the first cycle students score is 69.00 while in the second cycle increased to 87.09. Conclusions obtained from this classroom action research is Numbered Heads Together Model can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Numbered Heads Together Model