Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Teknik Permainan Bahasa SDN 048 Tarakan Tahun Ajaran 2011–2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Teknik Permainan Bahasa SDN 048 Tarakan Tahun Ajaran 2011–2012

Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Teknik Permainan Bahasa SDN 048 Tarakan Tahun Ajaran 2011–2012

Pengarang : A. Nurul Asiyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V dengan menggunakan tekhnik permainan bahasa SDN 048 Tarakan tahun ajaran 2011-2012.
Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Februari sampai Maret 2012 terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 048 Tarakan tahun ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 31 siswa. Data yang dikumpulkan pada setiap siklus adalah data observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, hasil tes belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru rata–rata 40 dengan persentase 72,7% termasuk kriteria baik. Sedangkan hasil observasi siwa rata- rata 22 dengan persentase 73,3%. Untuk hasil tes prestasi pada sikus I yaitu 67,03, pada siklus II diperoleh hasil tes prestasi dengan rata–rata 77,77. Untuk peningkatan nilai siswa mencapai 20,67%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia melalui pembelajaran dengan menggunakan teknik permainan bahasa pada materi puisi di kelas V SDN 048 Tarakan Tahun Ajaran 2011-2012.

The aim in this research is to improve students' ability to write poetry fifth grade students by using the techniques of language games at SDN 048 Tarakan 2011-2012 school year. This type of research studies class action research. The experiment was conducted from February to March 2012 consisted of two cycles. Subjects were 048 students in fifth grade students of SDN Tarakan 2011-2012 school year by the number of students 31 students. Data collected at each cycle of activity is the observation data of teachers and student activities, student test results. Based on the research results obtained by the observation of the cycle I mean the activity of teachers - 40 with the average percentage of 72.7% including both criteria. While the observation of Students with an average of 22 percentages 73.3%. For achievement tests at circle I is 67.03, the second cycle of achievement test results obtained with the average - average 77.77. To increase student scores reached 20.67%. These results indicate that an increase in achievement through learning to learn Indonesian language by using language games in the material of poetry in fifth grade students of SDN 048 Tarakan School Year 2011-2012.

Detail Informasi