Analisis Keterlaksanaan Pengajaran Remedial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Keterlaksanaan Pengajaran Remedial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Tarakan

Analisis Keterlaksanaan Pengajaran Remedial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Tarakan

Pengarang : Yuyun Padila - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan pengajaran remedial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Triangaulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk menguji keabsahan data. Objek dalam penelitian ini adalah pengajaran remedial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Subjek penelitiannya yaitu 1 orang guru yang mengajar mata pelajaran IPA dikelas VIII dan 11 siswa kelas VIII yang belum mencapai standar KKM. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengajaran remedial yang dilakukan oleh guru adalah diagnosis kesulitan belajar, menyusun program remedial dan pengukuran kembali hasil belajar. Adapun keterlaksanaan pengajaran remedial terhadap hasil belajar siswa kelas VIII-3 dan VIII-4 terjadi peningkatan yaitu dari 25 siswa kelas VIII-3 dan 27 siswa kelas VIII-4 memperoleh ketuntasan 100%.

Kata kunci: Pengajaran remedial, hasil belajar.

The purpose of the research was to analyze the remedial teaching implementation on the students’ learning results in natural science subjects at eight graders of SMPN 13 Tarakan. The research use a descriptive qualitative approach. The techniques of data collection in this research were interviews, observation and documentation. Data analysis was derived from Miles and Huberman. It consisted of data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing or verification. Examination of the validity of the data used triangulation techniques and triangulation sources. The object of the research was the remedial teaching on the students’ learning results in natural science subjects. The subjects of the research were a teacher who taught natural science subject at class eight and 11 students at class eight that have not reached the KKM standard yet. Based on the results of the research, it showed that the remedial teaching implementation carried out by teachers was diagnosing the learning difficulties, developing the remedial programs and re-measuring the learning results. The remedial teaching implementation on the students’ learning results in natural science subjects at class VIII-3 and VIII-4 has increased, namely 25 students in class VIII-3 and 27 students in class VIII-4 obtained 100% completeness. Keywords: Remedial teaching, learning results

Detail Informasi