
Pengaruh Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Nunukan
Pengarang : Berti Marinda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) terhadap literasi sains siswa kelas XI SMA Negeri 2 Nunukan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIA 1 dan kelas XI MIA 2 dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data literasi sains diperoleh menggunakan soal literasi sains yang diadaptasi dari soal SLA- D ranah kognitif dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian literasi sains siswa menunjukkan terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 2,137 pada taraf signifikansi 0,05 dan df 70 memperoleh nilai ttabel sebesar 1,99444 yang berarti thitung > ttabel. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) berpengaruh terhadap literasi sains siswa kelas XI SMA Negeri 2 Nunukan.
Kata Kunci: Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat), Literasi Sains, Pembelajaran
The present research aimed to determine the effect of the STC (Science Technology Community) approach on the science literacy of class XI students of SMA Negeri 2 Nunukan. This research was quantitative research using a quasi-experimental research method. The subjects of the research were the students of class XI MIA 1 and class XI MIA 2 taken using a purposive sampling technique. The data on science literacy were obtained using a science literacy test adapted from SLA-D for the cognitive domain in the form of multiple choice. The results of students' science literacy test showed that there was a difference between the experimental class and the control class. This was evidenced by the t-test value of 2.137 at a significance level of 0.05 and df 70 which obtained the t-table value of 1.994. It indicated that the t-test value was greater than the t-table value (2.137 > 1.994). Based on this result, it can be concluded that the STC (Science Technology Community) approach influenced the science literacy of class XI students of SMA Negeri 2 Nunukan. Keywords: STC (Science Technology Community) Approach, Science Literacy, Learning