Pengembangan Media Buku Ilustrasi “Cegah Pelecehan Seksual” Untuk Siswa Sekolah Dasar | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Buku Ilustrasi “Cegah Pelecehan Seksual” Untuk Siswa Sekolah Dasar

Pengembangan Media Buku Ilustrasi “Cegah Pelecehan Seksual” Untuk Siswa Sekolah Dasar

Pengarang : Megawati Agustina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan produk Buku Ilustrasi Cegah Pelecehan Seksual Untuk Siswa Sekolah Dasar. Kasus pelecehan seksual yang terjadi di Kota Tarakan pada tahun ini mengalami peningkatan di bandingkan tahun lalu, hal ini perlu mendapatkan perhatian lebih dari segala pihak. Dengan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap seriusnya kasus pelecehan seksual, khususnya pada anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Researh and Development (R&D). Pada jenis penelitian ini ada 10 tahap namun peneliti hanya sampai hingga tahap ke-6 karena adanya keterbatasan materi dan waktu. Berdasarkan rumus perhitungan, ditemukan bahwa validasi yang dilakukan oleh ahli desain memberikan nilai layak pada aspek desain produk dengan skor 83,9%. Kemudian untuk peninilaian materi yang diberikan oleh ahli materi berjumlah 92,8% dengan predikat sangat layak. Adapun untuk kelayakan produk bagi pengguna media juga telah di uji dengan penilaian produk oleh 3 guru wali murid SDN 006 Tarakan dengan rata-rata skor 96,123% predikat Sangat Layak.

Kata Kunci: Buku Ilustrasi, Pelecehan Seksual, Sekolah Dasar

The purpose of this research was to determine the feasibility of the product of Illustrated Book to Prevent Sexual Harassment for Elementary School Students. Sexual harassment cases in Tarakan City this year have increased compared to last year it needs to get more attention from all parties. The results of this research were expected to increase public awareness of the seriousness of sexual harassment cases, especially in children. The research design was Research and Development (R&D). There were ten stages in this type of research; reseachers only used stages 1 to 6 due to material and time constraints. Based on the calculation formula, it was found the validation carried out by the design expert gave a decent score on the product design aspect, with a score of 83.9%. Then the material expert’s assessment of the material provided amounted to 92.8% with a very feasible predicate. As for the feasibility of the product for media users, it has also been tested by assessing the product by three teachers of State Elementary 006 Tarakan students with an average score of 96.123% with the predicate Very Feasible. Keywords: Illustrated Book, Sexual Harrasment, State Elementary School

Detail Informasi