
Identifikasi Kemampuan Socio-Scientific Reasoning (SSR) Terkait Isu Sains Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Nunukan
Pengarang : Fitra Diani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi Kemampuan Socio-Scientific Reasoning (SSR) Terkait Isu Sains pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Nunukan menggunakan instrumen Quantitative Assessment of Socio-Scientific Reasoning (QuASSR). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini siswa SMA Negeri 1 Nunukan yaitu kelas XI MIA. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data diperoleh berdasarkan hasil tes QuASSR dalam bentuk soal yang terdiri atas skenario isu sosiosaintific dan soal bertingkat 2 (dua) sebanyak 7 (tujuh) soal. Untuk tingkat pertama yaitu soal dengan pilihan jawaban Ya / Tidak sedangkan tingkat kedua yaitu respon terbuka yang memunculkan alasan pada jawaban tingkat pertama, yang terbagi kedalam lima dimensi SSR. Dimensi Tersebut meliputi kompleksitas, penyelidikan, pengambilan perspektif, skeptisisme dan keterjangkauan dan keterbatasan sains. Rata- rata perolehan skor pada masing-masing isu, pada Isu Global yaitu 9,2 dan pada Isu Global yaitu 1,5, dengan frekuensi tingkat penalaran siswa dari level 0-4 untuk setiap dimensi nya, tingkat penalaran siswa secara umum berada ditingkat penalaran level 0 dan 1, sedangkan pada tingkat penalaran level 2 hanya diperoleh oleh beberapa siswa.
Kata Kunci : Kemampuan, Socio-Scientific Reasoning (SSR), Isu Sosiosaintifik
This research aimed to identify the ability of Socio-Scientific Reasoning (SSR) related to science issues in Biology subjects at SMA Negeri 1 Nunukan using the instrument Quantitative Assessment of Socio-Scientific Reasoning (QuASSR) This research soed a quantitative approach with a descriptive type. The subject of this research was the students of SMA Negeri 1 Nunukan, class XI MIA. Sample was determined using Simple Random Sampling technique. The data was obtained based on the results of the QuASSR test in the form of questions consisting of socio- scientific issue scenarios and two level questions as many as seven questions. For the first level, it was a question with a choice of Yes/No answers, while the second level was an open response that raised the reason for the first level answer, which was divided into five dimensions of SSR. These dimensions included complexity, research, perspective-taking, skepticism and the reach and limitations of science The average score on each issue were 9.2 and 1.5 on the Global Issue, with the frequency of the students' reasoning level from 0 to 4 for each dimension, the students' reasoning level was generally at the level of reasoning level 0 and 1, while at the reasoning level level 2 was only obtained by some students Keywords: Ability, Socio-Scientific Reasoning (SSR), Socio-scientific Issues