Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Biologi Berbasis Platform Youtube Pada Materi Sistem Pencernaan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Biologi Berbasis Platform Youtube Pada Materi Sistem Pencernaan

Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Biologi Berbasis Platform Youtube Pada Materi Sistem Pencernaan

Pengarang : Maria Widya Saneta Pogon - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis video pembelajaran biologi berbasis platform youtube pada materi sistem pencernaan guna mengetahui seberapa layak video pembelajaran digunakan oleh peserta didik sebagai tambahan materi. penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, pertimbangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah video dari akun youtube yang terverifikasi, jumlah subscribe minimal 500 ribu, jumlah tonton minimal 1000 kali ditonton, jumlah disukai minimal 200 disukai, dan dengan rentang waktu video diunggah dari tahun 2018 sampai 2022. Pemilihan video menggunakan kata kunci materi “SMP Sistem Pencernaan” kemudian dianalisis berdasarkan aspek materi, aspek penyajian, aspek bahasa dan aspek grafika atau media. Video yang diambil akan divalidasi oleh 3 dosen ahli di jurusan Pendidikan biologi Universitas Borneo Tarakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 4 video rata – rata kelayakan video dari aspek materi
sebesar 91,25% berpredikat sangat layak, aspek penyajian sebesar 82,5% berpredikat sangat layak, aspek bahasa sebesar 86,25% berpredikat sangat layak dan aspek grafika atau media sebesar 77,25% berpredikat layak, dengan demikian video pembelajaran biologi materi sistem pencernaan berbasis youtube termasuk dalam kategori layak untuk digunakan sebagai tambahan materi.

Kata kunci: Analisis kelayakan, video pembelajaran, youtube, sistem pencernaan

This study intended to evaluate the viability of digestive system-related biology learning videos on the YouTube platform. This study employed a descriptive research design. Purposive sampling was a strategy used to obtain data Videos from verified YouTube accounts with a minimum subscriber count of 500 000, a minimum view count of 1000 views, a minimum number of likes of 200 likes, and a range of videos released from 2018 to 2022 were sampled for this study. The "Digestive System Middle School" video was chosen based on its content, which was then examined in terms of its content, presentation, language, and graphic or media elements. The videos taken were validated by material experts, linguists and media experts. The results showed that of the 4 videos, the average feasibility of the video from the material aspect was 91.25% with a very appropriate rating. 82.5% with a presentation aspect with a very appropriate rating, 86.25% with a very appropriate predicate for language aspects, and graphic or media aspects 77.25% had a proper rating, thus the YouTube-based digestive system biology learning video was included in the feasible category for use as additional material Keywords: Feasibility Analysis, Learning Videos, YouTube, Digestive System

Detail Informasi