
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Kelas V SDN 004 Nunukan
Pengarang : Nurhidayah Dian Surya - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas V di SDN 004 Nunukan dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan think aloud dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa perempuan dan 2 siswa laki- laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh subjek perempuan dan subjek laki-laki memiliki kesalahan yang sama yaitu pada tahapan (1) transformasi salah dalam menentukan rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal, (2) proses, subjek tidak mampu dalam mengoprasikan perkalian sehingga salah dalam perhitungan dan (3) penulisan jawaban akhir karena subjek lupa dan tidak terbiasa untuk menuliskan jawaban akhir dan kesalahan pertama pada subjek perempuan yaitu pada tahapan (4) membaca, dimana subjek salah dalam menyebutkan satuan matematika.
Kata Kunci: Kesalahan, Penyelesaian Soal Materi Bangun Ruang, Gender
This study aims to describe the types of mistakes made by fifth-grade students at SDN 004 Nunukan in solving plane-figure material problems. The type of research used is descriptive qualitative. Data collection techniques are tests with think-aloud and interviews. The research subjects consisted of 2 female and 2 male students. The results showed that the mistakes made by female and male subjects had the same error, that is stages ( I ) the wrong transformation in determining the formula used to solve the problem, (2) the process, the subject was unable to operate the multiplication so that he was wrong in calculation and (3) writing the final answer because the subject forgot and was not used to writing down the final answer and the first mistake in the female subject was at stage (4) reading, where the subject made a mistake in mentioning the mathematical unit. Keywords: Errors, Completion of Plane Figure Problems, Gender