
Meningkatkan Kemampuan Menyimak Fabel Menggunakan Media Film Animasi Melalui Model STAD (Student Teams Achievement Divission) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : A. Siti Nurprahana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak fabel pada siswa dengan menggunakan media film animasi melalui model STAD (Student Teams Achievement Divission) di kelas VII-I SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII-I SMP Negeri 5 Tarakan yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar aktivitas siswa, lembar pengamatan kognitif, lembar pengamatan psikomotorik, dan lembar pengamatan afektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media film animasi melalui model STAD (Student Teams Achievement Divission) mampu meningkatkan kemampuan menyimak fabel pada siswa di kelas VII-I SMP Negeri 5 Tarakan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang diperoleh pada setiap siklus. Pada siklus I, aktivitas siswa diperoleh ketuntasan 80%, pada aspek kognitif diperoleh ketuntasan 56%, pada aspek psikomotorik diperoleh ketuntasan 69%, dan pada aspek afektif diperoleh ketuntasan 66%. Kemudian, pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 93%, aspek kognitif meningkat menjadi 88%, aspek psikomotorik meningkat menjadi 91%, dan aspek afektif meningkat menjadi 88%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media film animasi melalui model STAD (Student Teams Achievement Divission) mampu meningkatkan kemampuan menyimak fabel pada siswa di kelas VII-I SMP Negeri 5 Tarakan.
Kata Kunci: Kemampuan menyimak, Fabel, Media film animasi, Model STAD (Student Teams Achievement Divission.
The present research was a Classroom Action Research which aimed to improve the students' ability in listening to fables by using animation film media through STAD (Student Teams Achievement Division) model at class VII-1 of SMP Negeri 5 Tarakan. This research was conducted in 2 cycles through 4 stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. The subjects of this research were 32 students of class VII-1 of SMP Negeri 5 Tarakan, consisting of 12 male students and 20 female students. The instruments used in this research were the observation sheet of students' activity, the observation sheet of the cognitive aspect, the observation sheet of the psychomotor aspect, and the observation sheet of the affective aspect. The results of this research indicated that animation film media through STAD (Student Teams Achievement Division) model could improve the students' ability in listening to fables at class VII-1 of SMP Negeri 5 Tarakan. This could be seen from the students' learning achievement attained in each cycle. In cycle I, the students obtained 80% completeness of learning activities, 56% completeness of the cognitive aspect, 69% completeness of the psychomotor aspect, and 66% completeness of the affective aspect. Then, in cycle II, the students' activity increased to 93%, the cognitive aspect increased to 88%, the psychomotor aspect increased to 91%, and the affective aspect increased to 88%. Thus, it was concluded that the application of animation film media through STAD (Student Teams Achievement Division) model was able to improve the students' ability in listening to fables at class VII-1 of SMP Negeri 5 Tarakan. Keywords: Listening ability, Fable, Animation film media, STAD (Student Teams Achievement Division) Model