
Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Menggunakan Metode Reorganisasi Barret Taxonomy Dan Media Pembelajaran Video Animasi Di Kelas VIII F SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Ana Kurniawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yaitu penelitian tindakan yang dilakukan di dalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran siswa yang berfokus pada proses pembelajaran yang terjadi didalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Tarakan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan metode reorganisasi Barret Taxonomy dan media pembelajaran video animasi di kelas VIII-F SMP Negeri 5 Tarakan. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-F SMP Negeri 5 Tarakan yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik Pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan penilaian kognitif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode reorganisasi Barret Taxonomy dan media pembelajaran video animasi mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas VIII-F SMP Negeri 5 Tarakan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang diperoleh pada setiap siklus. Pada siklus I, hasil penilaian aktivitas siswa diperoleh ketuntasan 89%, sedangkan pada hasil penilaian aspek kognitif diperoleh ketuntasan 57%. Kemudian, pada siklus II hasil penilaian aktivitas siswa meningkat menjadi 97% dan aspek kognitif meningkat menjadi 90%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode reorganisasi Barret Taxonomy dan media pembelajaran video animasi ini mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas VIII-F SMP Negeri 5 Tarakan.
Kata Kunci: Membaca pemahaman, Metode Reorganisasi Barret Taxonomy, Media Video Animasi
This research was a Classroom Action Research (PTK) which conducted in the classroom during the course of the learning to improve the quality of student learning that focuses on the learning process occurring in the classroom. The research was done at SMPN 5 Tarakan in the odd semester of 2022/2023 academic year. The purpose of the research was to improve the students' reading comprehension skill by using the Barret Taxonomy reorganization method and learning media of animation video at class VIII-F of SMPN 5 Tarakan. The subject of the research was class VIII-F of SMPN 5 Tarakan which consist of 30 students, 18 boys and 12 girls. This research was carried out in 2 cycles consisting of 4 stages: planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used were observation, tests, interviews, and documentation. The instruments used in this research were student activity observation sheets and cognitive assessment observation sheets. The results of the research showed that the implementation of the Barret Taxonomy reorganization method and learning media of animation video can improve the students' reading comprehension skill at class VIII-F of SMPN 5 Tarakan. It can be seen from the student learning outcomes obtained in each cycle. In cycle I, the results of the student activity assessment obtained 89% completeness, while the results of the cognitive aspect assessment obtained 57% completeness. Next, in cycle II the results of the assessment of student activity increased to 97% and the cognitive aspect increased to 90%. Therefore, it can be concluded that the application of the Barret Taxonomy reorganization method and animated video learning media is able to improve students' reading comprehension skills in class VIII-F SMP Negeri 5 Tarakan. Keywords: Reading Comprehension, Barret Taxonomy Reorganization Method, Animated Video Media