
Deskripsi Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas V SDN 009 Malinau Utara
Pengarang : Bobi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Kemampuan pemesahan masalah merupakan kemampuan yang diperlukan dalam menghadapi masalah dalam kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi bangun datar siswa kelas V B SDN 009 Malinau Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu, kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pemecahan masalah lalu dikonfirmasi melalui wawancara. Pada penelitian ini melibatkan partisipan sebanyak 20 siswa kelas V B dalam mengerjakan tes kemampuan pemecahan masalah dan hasil pengerjaan siswa dikelompokan berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan renda. Setelah itu, peneliti mengambil subjek sebanyak 6 orang siswa sebagai perwakilan dari masing-masing kategori kemampuan matematika untuk diwawancarai. hasil dari pemecahan masalah tersebut subjek kemampuan tinggi dapat dikatakan sudah mampu dalam memenuhi keempat tahapan polya, namun subjek T1 dan T2 masih belum teliti dikarenakan subjek terburu-buru dan merasa percaya diri akan jawabannya. Subjek S1 dan S2 belum mampu memenuhi tahapan ketiga dan keempat karena kedua subjek kurang mampu memikirkan dan memahami langkah apa yang akan digunakan. subjek R1 dan R2 belum mampu memahami permasalahan apa yang ada pada soal, ketika membuat rencana kedua subjek menggunakan konsep yang kurang tepat dan pada tahap melakukan rencana subjek tidak mampu menyelesaikan permasalahan karena kurang tepatnya konsep yang digunakan selain itu, subjek tidak melihat kembali apa yang telah subjek kerjakan.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Pengelompokan Kemampuan Matematika, dan Kelas V B SDN 009 Malinau Utara
Problem-solving ability is a necessary ability deals with problems in student life This study aimed to describe students' ability to solve mathematical problems of flat building material for grade V students of SDN 009 Malinau Utara. The research design was descriptive qualitative Data collection was done through problem-solving tests and interviews This study involved 20 participants of grade V students in taking problem-solving ability tests and the results of students' tests were grouped based on high, medium, and low mathematical abilities Then, the researcher took the subjects as many as 6 students as representatives of each category of mathematical ability to be interviewed As a result of solving the problem, high-ability subjects can be assumed to be able to fulfill all four stages of the pattern, but the subjects of T1 and T2 were still not examined because the subjects were in a hurry and feel confident in the answer. The S1 and S2 subjects had not been able to fulfill the third and fourth stages because both subjects were less able to think and understand what steps will be used Subjects R1 and R2 had not been able to understand what problems are in the problem, when making plans both subjects used inappropriate concepts and at the stage of carrying out plans, the subject was not able to solve the problem because lack of precise concepts used. In addition, the subjects did not review what the subject had done. Keywords: Problem Solving Ability, grouping mathematical skills, and Class V SDN 009 Malinau Utara