
Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas II SD Negeri 007 Tanjung Palas
Pengarang : Putri Oktari Awalina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Kurangnya perhatian untuk keterampilan menyimak terlihat dari ketidaksediaan tes kompetensi menyimak, sarana, dan media yang tidak memadai, guru yang gagap teknologi, penugasan yang kurang otentik, pembelajaran yang konvensional, dan sikap siswa ketika guru menjelaskan pelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak peserta didik dengan menggunakan media audio visual kelas II SD Negeri 007 Tanjung Palas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dengan proses penelitian (1) pembelajaran dengan menggunakan media audio visual, (2) merencanakan bentuk tindakan pada siklus II berdasarkan hasil refleksi siklus I. Sedangkan indikator penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menyimak siswa. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II SD Negeri 007 Tanjung Palas semester ganjil tahun ajaran 2021/2022, yang berjumlah 24 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama hanya 16 orang peserta didik yang mencapai nilai KKM (75%), sedangkan 8 orang berada dibawah KKM. Siklus kedua menunjukkan bahwa hanya 6 orang yang nilainya tidak mencapai nilai KKM. Sementara 18 orang yang nilainya melampaui nilai KKM. Gambaran hasil keterampilan menyimak peserta didik berdasarkan hasil tes siklus kedua, yaitu pada kategori tuntas yang mencapai 75%, dan hanya sedikit peserta didik yang memiliki hasil belajar 25%, pada siklus pertama peserta didik yang tuntas hanya 67% dan tidak tuntas 33%. Hal ini menggambarkan bahwa pembelajaran dengan media audio visual telah berlangsung dengan baik dan dapat menunjang keterampilan menyimak peserta didik.
Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Media Audio Visual, Penelitian Tindakan Kelas
The lack of attention to listening skills can be seen from the unavailability of listening competency tests, facilities, inadequate media, technology-starved teachers, less authentic assignments, conventional learning, and student attitudes when the teacher explains the lesson. This study aims to describe the improvement of teaching skills by using audio and visual media for Second Graders of SDN 007 Tanjung Palas. It was a Classroom Action Research conducted in two cycles, each cycle consisting of four stages, planning, action, observation, and reflection with a research process (1) of learning using audio-visual media, (2) planning a form of action in cycle II based on the results of first cycle reflection Meanwhile, the research indicator has shown an increase in skills among students. The study subject was the Second Grader students of SDN 007 Tanjung Palas in the odd semester of the 2021/2022 academic year, which has 24 students. The results showed that in the first cycle, only 16 students achieved the criteria of success (75%), while $ individuals were under the criteria of success. The second cycle showed that only six students have not achieved the criteria of success The 18 students exceed the criteria of success. The results of the teaching performance are based on the results of the second cycle test, in the completion category of which it reaches 75%, and only a few students have 25% study result, in the first cycle learners completed only 67% and not completed 33% This implies that studying with visual and auditory media is well underway and can help learners improve their learning skills. Keywords Listening Skills, Audiovisual Media, Classroom Action Research