
Deskripsi Peran Motivasi Ekstrinsik Pada Siswa Kelas IV-A SDN 015 Tarakan
Pengarang : Rahayu Indah Safitri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini berfokus pada peran motivasi ekstrinsik terhadap minat dan semangat belajar pada siswa kelas IV-A SDN 015 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian yaitu SDN 015 Tarakan. Informan dalam penelitian ini adalah siswa, guru kelas dan kepala sekolah SDN 015 Tarakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Proses analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memberikan motivasi belajar kepada siswa dengan tujuan siswa mengikuti proses pembelajaran tanpa rasa bosan dan memiliki semangat serta minat yang tinggi dalam belajar. Kepala sekolah juga mendukung adanya pemberian motivasi yang diberikan oleh guru untuk siswa yang berguna agar siswa menjadi lulusan yang terbaik di sekolah dasar tersebut. Adapun dari siswa kelas IV-A SDN 015 Tarakan sangat menyukai adanya pemberian motivasi yang diberikan oleh guru melalui: (1) pemberian penghargaan dalam belajar, (2) pemberian kegiatan yang menarik dalam belajar, (3) pemberian dorongan dan kebutuhan dalam belajar dan (4) pemberian lingkungan belajar yang kondusif. Kegiatan pemberian motivasi ini mampu menumbuhkan minat dan semangat belajar siswa karena siswa merasa diperhatikan dan diperdulikan oleh guru sehingga siswa akan memiliki minat yang tinggi dalam belajar serta mampu mencapai tujuan yang diinginkan yaitu mendapatkan nilai diatas rata-rata.
Kata Kunci: Peran Motivasi Ekstrinsik, Minat dan Semangat Belajar Siswa
This study focused on the role of extrinsic motivation on fourth graders A at SDN 015 Tarakan learning interest and enthusiasm. This study was a descriptive qualitative method with the research location, SDN 015 Tarakan. The research participants were students, class teachers, and principals ofSDN 015 Tarakan. Data collection techniques were interviews, observation, and documentation studies. Data analysis was done through data reduction, presentation, and conclusion. The finding showed that the teacher had given students motivation to learn with the aim that students follow the learning process without feeling bored and have high enthusiasm and interest in learning. The principal also supports the provision of motivation given by the teacher to students, which is helpful to make students become the best graduates in elementary school. Additionally, the fourth grader A of SDN 015 prefers the motivation given by the teacher through (I) giving awards, (2) giving engaging activities, (3) giving encouragement and needs, and ( 4) providing a conducive learning environment. This motivational activity can foster students' learning interest and enthusiasm since students feel cared for by the teacher. Students will be highly interested in learning and achieving the minimum passing grade in school. Keywords: Extrinsic Motivation Role, Student's Learning Interest, and Enthusiasm