Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII-6 SMP Negeri 8 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII-6 SMP Negeri 8 Tarakan

Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII-6 SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Devita Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Prokrastinasi akademik matematis adalah penundaan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas Matematika yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengalisis faktor-faktor penyebab prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VIII-6 SMP Negeri 8 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa di kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan yang paling sering melakukan prokrastinasi akademik matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan analisis dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis data kualitatif Miles, Huberman dan Saldana (2014). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan prokrastinasi akademik matematis terdiri atas dua faktor utama, yaitu faktor psikologis dan sekolah. Faktor psikologis terdiri
dari efikasi diri yang kurang, minat belajar kurang, dan kemampuan mengelola waktu yang kurang baik. Sementara untuk faktor sekolah yaitu sarana yang kurang lengkap. Siswa yang sering melakukan prokrastinasi akademik akan sangat mempengaruhi hasil akhir yang didapatkan. Efikasi diri yang kurang ditunjukkan oleh keyakinan atau persepsi Matematika itu sulit, tidak yakin bisa mengerjakan secara mandiri, selanjutnya siswa mengerjakan tugas menunggu jawaban teman. Minat belajar yang kurang ditunjukkan saat diberikan tugas siswa merasa malas, bosan, lebih memilih membantu orang tua karena diberikan upah, bermain game, serta scroll social media dari pada mengerjakan tugas. Kemampuan mengelola waktu yang kurang baik ditunjukkan oleh siswa yang tidak dapat mengatur waktunya karena membantu orang tuanya berkebun dan berjualan sayur ke pasar. Terakhir, sarana yang kurang lengkap yang mengacu pada siswa yang tidak memiliki Lembar Kerja Siswa (LKS) padahal penugasan bersumber dari LKS tersebut. Penelitian ini mengungkapkan faktor terbesar penyebab prokrastinasi akademik matematis adalah kurangnya keyakinan diri siswa terhadap kemampuannya dan minat serta antusias belajar Matematika yang kurang.

Kata Kunci: Efikasi Diri, Matematika SMP, Prokrastinasi Akademik Matematis

Academic mathematical procrastination occurs when students put off finishing math assignments that have been assigned by the teacher. This study aimed to identify the elements that contributed to student academic procrastination in Mathematics VIII-6 at SMP Negeri 8 Tarakan. With a case study methodology, this research was qualitative. Three eighth-grade SMP Negeri 8 Tarakan students who tended to put off their academic work in math were the study's participants. Data collection techniques used document analysis and interviewing. The qualitative data analysis method developed by Miles, Huberman, and Saldana (2014) was used to analyze the data. The findings of this study showed that there were two key factors, psychological and school that contributed to academic procrastination in arithmetic. Lack of self-efficacy, lack of enthusiasm in learning, and poor time management were examples of psychological variables. Meanwhile, inadequate facilities were a school factor. Academic procrastination by students had a impact on the outcomes. A person's views or perceptions could indicate a lack of self-efficacy. Since math was challenging and many students were unsure they could complete an assignment on their own, they worked on their assignments while they waited for a friend to respond. When students were given assignments, they tended to exhibit less interest in studying because they felt bored and lethargic, preferred to help their parents since they were paid, and chose to play games and looked through social media instead of completing their homework. Students who struggled with time management because they assisted their parents in gardening and selling vegetables at the market demonstrated poor time management skills. Last but not least, students with incomplete facilities were those who did not have Student Worksheets (LKS), despite the fact that assignments came from the LKS. This study revealed that the biggest factor causing procrastination in mathematical academics was students' lack of self-confidence in their abilities and lack of interest and enthusiasm in learning mathematics. Keywords: Self-Efficacy, Middle School Mathematics, Mathematical Academic Procrastination

Detail Informasi