Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Pembelajaran CIRC Dengan Media 3D Botol Pintar Pada Peserta Didik Kelas VIII-A SMP 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Pembelajaran CIRC Dengan Media 3D Botol Pintar Pada Peserta Didik Kelas VIII-A SMP 5 Tarakan

Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Pembelajaran CIRC Dengan Media 3D Botol Pintar Pada Peserta Didik Kelas VIII-A SMP 5 Tarakan

Pengarang : Fitriani Yulius - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Intergrade Reading and Composition dan media 3D botol pintar pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing- masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada penelitian ini peneliti memperoleh sejumlah data, yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I siswa masih kurang paham mengenai materi yang diberikan, siswa kesulitan dalam memahami model dan media pembelajaran. Sehingga berpengaruh terhadap nilai keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Maka perlu dilanjutkan ke siklus II untuk perbaikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menulis teks eksposisi melalui model pembelajaran cooperative intergrade reading and composition dengan media 3D botol pintar dapat meningkatkan pembelajaran menulis khususnya menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 5 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan penilaian yaitu antusias siswa, keaktifan siswa, konsentrasi siswa dan situasi pembelajaran ketuntasan aktivitas siswa 74,99 pada siklus I, dan meningkatkan menjadi 91,40 pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus I sebesar 9,38% dan meningkat menjadi 90,62% pada siklus II, aspek afektif pada siklus I sebesar 78,12% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II, aspek psikomotorik pada siklus I sebesar 90,62% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan pencapaian hasil belajar siswa pada pembelajaran teks eksposisi menggunakan model pembelajaran cooperative intergrade reading and composition dengan media 3D botol pintar telah menguasai pembelajaran menulis teks eksposisi dengan baik selain itu siswa menjadi lebih kreatif merangkai kata-kata dalam teks eksposisi dengan bahasanya sendiri. Kata

Kunci : Meningkatkan, Model Cooperative Intergrade Reading and Composition, Menulis Teks Eksposisi

This Classroom Action Research (CAR) aimed to improve the skills of writing exposition texts by using the Cooperative Intergrade Reading and Composition learning model and 3D Smart Bottle media for class VIII-A students of SMP Negeri 5 Tarakan. This research was conducted in 2 cycles which consisted of 4 stages, they were: planning, action, observation, and reflection. In this study, the researcher obtained a number of data from observation sheets of student activities and student learning outcomes on cognitive, affective, and psychomotor aspects. The results of observing student learning activities in the first cycle with an assessment of student enthusiasm, student activity, student concentration, and learning situations completeness of student activity were 74.99 in the first cycle and increased to 91.40 in the second cycle. The completion of student learning outcomes in the cognitive aspect in the first cycle was 9.38% and increased to 90.62% in the second cycle, the affective aspect in the first cycle was 78.12% and increased to 100% in the second cycle, the psychomotor a in the first cycle was 90.62% and increased to 100% in the second cycle. Based on the achievement of student learning outcomes in exposition text learning using the Cooperative Intergrade Reading and Composition learning model with Smart Bottle 3D media they have mastered learning to write exposition texts well, besides that, the students become more creative in composing words in exposition texts in their own language. Keywords: Improving, Writing Exposition Text Model of Cooperative Intergrade Reading and Composition, Smart Bottle 3D Media

Detail Informasi