Etnomatematika Pada Alat Musik Tradisional Pengiring Tari Tungal Lingkuda | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Etnomatematika Pada Alat Musik Tradisional Pengiring Tari Tungal Lingkuda

Etnomatematika Pada Alat Musik Tradisional Pengiring Tari Tungal Lingkuda

Pengarang : Nur Haeriya - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur matematika yang terdapat pada alat musik tradisional pengiring tari tungal lingkuda danuntuk mendeskripsikan pandangan peserta didik SMP Negeri 9 Tarakan terhadap penggunaan etnomatematika dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Subjek penelitian ini adalah budayawan Tidung.Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan melakukan penarikan kesimpulan.Temuan dari penelitian ini yaitu etnomatematika pada alat musik tradisional pengiring tari tungal lingkuda yaitu alat musik tradisional berupa bangun ruang kerucut terpancung dan bola, kekongruenan, bangun datar persegi panjang, lingkaran, sudut, garis lurus (horizontal), dan garis sejajar. Temuan kedua yaitu pandangan peserta didik SMP Negeri 9 Tarakan yang masih menganggap bentuk-bentuk alat musik bukan sebagai bangun datar dan bangun ruang.Peserta didik setuju dan lebih tertarik apabila etnomatematika dalam alat musik tradisional pengiring tari tungal lingkuda digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Etnomatematika, Alat Musik Tradisional

The present study animed to describe: (1) the elements of mathematics found in the traditional musical instruments accompanying the Tungal Lingkuda dance, and (2) the views of the students of SMP Negeri 9 Tarakan on the use of ethnomatematics in learning. This study was qualitative research with a case study approach. The subject of this study was cultural practitioners of Tidung tribe. The data were collected using observation, interview, and documentation analysis. The data were then analyzed by means of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The study found that, first, the etnomathematics in traditional musical instruments accompanying the Tungal Lingkuda dance were truncated cone shapes, spheres, congruences, rectangular shapes, circles, angles, straight lines (horizontal), and parallel lines. Second, the students of SMP Negeri 9 Tarakan still viewed that the forms of musical instruments accompanying the Tungal Lingkuda dance were not plane shapes nor solid shapes. They agreed and were more interested in the ethnomathematics in which traditional musical instruments accompanying the Tungal Lingkuda dance were used in learning. Keywords: Ethnomathematics, Traditional Musical Instruments, Tungal Lingkuda Dance

Detail Informasi