Survei Motivasi Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Dalam Mengikuti Kampus Mengajar | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Survei Motivasi Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Dalam Mengikuti Kampus Mengajar

Survei Motivasi Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Dalam Mengikuti Kampus Mengajar

Pengarang : Musa Kadzim - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP dalam mengikuti Kampus Mengajar. Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) diharapkan menjadi jawaban untuk mewujudkan pembelajaran di pergcccpuruan tinggi yang otonom, fleksibel dan berkualitas sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Kebijakan MBKM terkait dengan kegiatan pembelajaran pada perguruan tinggi yang memberikan hak dan kebebasan kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studi selama tiga semester yang dapat diambil untuk pembelajaran di luar prodi dalam perguruan tinggi dan/atau pembelajaran di luar perguruan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dengan judul Survei Motivasi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dalam Mengikuti Kampus Mengajar, diperoleh dari angket yang terdiri dari 39 item pernyataan dengan dua alternatif jawaban yaitu : YA dan TIDAK dengan skor masing-masing nilai 2 dan 1. Dan hasilnya terdapat pada kategot tinggi, yaitu pada analisis keseluruhan, dengan jumlah sebanyak 30 subjek dengan presentase 75%. Artinya bahwa mahasiswa jurusan BK memiliki Motivasi yang tinggi, serta antuasiasnya tinggi. Motivasi diperlukan dalam menentukan intensitas usaha belajar, Karena Motivasi dapat memberikan arah, dalam suatu kegiatan. Sehingga keberadaan mahasiswa yang mengikuti kegiatan kampus mengajar dapat dipengaruhi oleh sikap dan perilaku secara positif. Dari uraian tersebut di dukung oleh indikator-indikator dengan kategori tinggi yang sama. Pada indikator yang pertama Menuntun Kearah Perbuatan, sebanyak 39 subjek dengan presentase 97.5%., dan indikator Menyeleksi Perbuatan, dengan jumlah 31 subyek, dengan presentase 77.5%. Kemudian pada analisis keseluruhan dan pada kategori sedang sebanyak 10 subjek dengan presentase 25%, bahwa hanya 10 mahasiswa jurusan BK yang memiliki motivasi sedang, artinya mahasiswa masih dalam usaha untuk melakukan sesuatu atau kearah perbuatan, sehingga tingkat kesadaran mahasiswa dalam berbuat ke arah yang lebih baik menghampiri pada perilaku positif. Hal tersebut di dukung oleh indikator Mendorong Manusia Untuk Berbuat sebanyak 39 subyek dengan presentase sebanyak 97.5%.

Kata Kunci: Motivasi Mahasiswa, Kampus Mengajar

The purpose of this research was to find out the motivation of Guidance and Counseling students of FKIP in attending the Kampus Mengajar. Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM) policy is expected to be the answer to realize autonomous, flexible and high-quality learning in higher education institutions so as to create a learning culture that is innovative, not restrictive, and in accordance with the needs of students. The MBKM policy relates to educational activities in universities that grant students the flexibility and right to study outside of the study program for three semesters, which can be used for learning inside or outside of the institution. The research's findings from a questionnaire with 39 statement items and two possible responses (Yes or No) revealed that 30 respondents scored higher or categorized as the high group (75%). It meant that the students had high: motivation and high enthusiasm. Motivation is needed in determining the intensity of learning efforts, because it can provide direction in an activity. So that the existence of students who participated in the Kampus Mengajar activities can be influenced by attitudes and behaviors in a positive way. It is supported by indicators with the same high category. In the first indicator, Guiding Towards Action, as many as 39 subjects scored 97.5%., and the indicator of Selecting Actions, with a total of 31 subjects, scored 77.5%. Only 10 students from the department had moderate motivation, meaning that they were still trying to do something or were moving in the direction of doing something. This indicated that the students' level of awareness in moving things in a better direction toward positive behavior was relatively high. This is supported by the indicator of Encouraging People to Act as many as 39 subjects with a percentage of 97.5%. Keywords: Student Motivation, Kampus Mengajar

Detail Informasi