Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas IV Berdasarkan Teori Van Hiele Di SDN 035 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas IV Berdasarkan Teori Van Hiele Di SDN 035 Tarakan

Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas IV Berdasarkan Teori Van Hiele Di SDN 035 Tarakan

Pengarang : Nur Fatimah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika adalah kemampuan representasi matematis. Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan untuk menghadapi masalah, baik dalam matematika maupun dalam kehidupan nyata. Kemampuan representasi matematis digunakan untuk dapat menentukan dan menciptakan cara berpikir. Teori Van Hiele melibatkan tingkat berpikir siswa dan menurut Van Hiele siswa akan melalui 5 tahap perkembangan berpikir matematika (geometri) yaitu tahap 0 visualisasi, tahap 1 analisis, tahap 2 dedukasi informal, tahap 3 dedukasi dan tahap 4 rigor. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas IV berdasarkan teori Van Hiele di SDN 035 Tarakan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes soal pertama Van Hiele Geometry Test (VHGT), tes soal kedua kemampuan representasi matematis berdasarkan teori Van Hiele, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek A1 dan A2 yang berada pada tahap 0 memang lebih dominan mengarah ke visual yang maksudnya bahwa kedua subjek lebih mengenal bentuk berdasarkan penampakan visualnya daripada pengamatan (analisis), terlihat dari hasil lembar jawaban yang menunjukkan kedua subjek lebih mampu untuk menyelesikan soal tahap 0 (visualisasi) daripada soal tahap 1 (analisis), sedangkan subjek A3 dan A4 yang masuk pada tahap 1 analisis sama-sama mampu untuk mengerjakan soal pada tahap 0 visualisasi dan tahap 1 analisis, kedua subjek sudah mengenal bentuk berdasarkan visualnya serta mampu untuk menganalisis jenis bangun datar berdasarkan pernyataan sifat-sifat bangun datar.

Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Representasi Visual, Teori Van Hiele, Bangun Datar, Sekolah Dasar

One of the abilities that students need to develop in solving a mathematical problem is mathematical representation ability Mathematical representation ability is the ability to deal with problems, both in mathematics and in real life. The ability of mathematical representation is used to determine and create ways of thinking. Van Hiele's theory involves the students' level of thinking and thinking about geometry Van Hiele's theory has five levels zero (level of visualization), one (level of analysis), two (levels of informal deduction), three (levels of formal deduction), and four (levels of rigor). The objective of the study was to describe the mathematical representation ability of fourth-grade students based on Van Hiele's theory at SDN 035 Tarakan. The research method used was descriptive qualitative Data were collected through a test of Van Hiele Geometry (VHGT), a test of mathematical representation ability based on Van Hicle's theory, an interview, and documentation. The results showed that subjects A1 and A2 at level 0 were more dominant, pointing to a visual, which meant that both subjects recognized shapes based on their visual appearance rather than observation (analysis), can be seen from the answer sheet that both subjects were more able to solve problems at level 0 (visualization) than problems at level 1 (analysis), whereas subjects A3 and A4 who were part of level 1 analysis were able to finish the question items at level 0 visualization and level 1 analysis, both subjects already recognized the shapes based on visuals and were able to analyze the types of flat shapes based on the statement of the properties of flat shapes. Keywords: Mathematical Representation Ability, Visual Ability, Theory of Van Hiele, Flat Shapes, Elementary School

Detail Informasi