
Pengaruh Word Of Mouth, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Bekas Pada Masyarakat Kota Tarakan
Pengarang : Nurul Hazira - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari word of mouth, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian motor bekas pada masyarakat kota tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat kota tarakan yang menggunakan sepeda motor bekas dengan jumlah sampel sebanyak 210 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor bekas pada masyarakat kota tarakan, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor bekas pada masyarakat kota tarakan, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor bekas pada masyarakat kota tarakan.
Kata Kunci : Word Of Mouth, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian
This study aims to determine the effect of word of mouth, price, and promotion on purchase decisions to buy used motorcycles in the community of Tarakan City. This study uses a quantitative approach The sampling method used is nonprobability sampling with the technique of determining the sample using purposive sampling The sample in this study is the society of Tarakan City which used motorcycles with a total sample of 210 respondents. The analytical method used is multiple regression analysis with the SPSS version 24. The results of the multiple regression analysis tests show that the word of mouth, price, and promotion variables have a positive and significant effect on the purchase decisions to buy a used motorcycle in the community of Tarakan City. Keywords. Word of Mouth, Prices, Promotions, Purchase Decisions