
Peran Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Untuk Membentuk Kebiasaan Belajar Siswa Di SMP Negeri 4 Tanjung Palas Timur
Pengarang : Ria Arfiani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang sering terjadi dilingkungan keluarga yang interaksinya melibatkan anggota keluarga secara langsung. Komunikasi interpersonal dala keluarga memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak terutama dalam perkembangan pendidikanya seperti kebiasaan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi interpersonal dalam keluarga untuk membentuk kebiasaan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang yaitu informan F, ibu F dan ayah F. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa komunikasi interpersonal dala keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam terbentuknmya kebiasaan belajar siswa. Komunikasi interpersonal yang kurang baik dalam keluarga dapat dilihat dengan tidak adanya keterbukan dalam keluarga antara orang tua dan anak, sikap mendukung dari orang tua yang kurang, empati orang tua yang kurang seingga orang tua tidak mampu merasakan apa yang dirasakan anak, ditambah dengan kurangnya sikap mendukung dari orang tua, serta tidak adanya kesetaraan dalam berkomunikasi dimana orang tua dan anak sama sama tidak dapat menempatkan diri dalam berkomunikasi. Hal yang membuat jarak antara anggota keluarga menjadi rengang sehingga perilaku – perilaku yang membantu anak membentuk karakternya tidak tersampaikan. seperti dorongan, rasa aman dan nyaman yang membuat anak merasa diperhatikan sehingga terbentuknya karakter yang baik salah satunya kebiasaan belajar yang baik di rumah maupun di sekolah.
Kata Kunci: Komunikasi Keluarga, Kebiasaan Belajar
Interpersonal communication is communication that often occurs in the family environment and its interactions involve family members directly. Interpersonal communication in the family has an important role for children' growth and development, especially in their educational development, such as study habits. The research aims to find out how the role of interpersonal communication in the family to form students' study habits. This research used a type of qualitative research with a descriptive approach. The subjects of this study consisted of three people, namely informant F, mother F and father F. Data collection methods in this study were interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that interpersonal communication within the family has a very important role in the formation of students' study habits. Poor interpersonal communication in the family could be seen in the absence of openness in the family between parents and children, lack of parents' supportive attitudes, lack of parental empathy so that parents were unable to feel what their children felt, coupled with a lack of supportive attitudes from parents, and there was no equality in communication where parents and children could not place themselves in communication. The aforementioned things put the distance between family members become tenuous, so the behaviors that helped children shape their character were not conveyed, such as encouragement, a sense of security and comfort that made children felt cared for so that good character was formed, one of which was good study habits at home and at school. Keywords: Family Communication, Study Habits