
Pengembangan Modul Pembelajaran Materi Pecahan Kelas IV-D SDN 029 Tarakan
Pengarang : Naba Rubi Fabirah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media modul pembelajaran matematika materi mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal yang ditinjau dari validitas media dan validitas materi serta untuk mengetahui ketertarikan siswa SDN 029 Tarakan kelas IV-D terhadap media modul pembelajaran. Penelitian ini merupahan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penilaian kelayakan media modul pembelajaran terdiri dari ahli media dan ahli materi. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 84% masuk pada kategori sangat layak dan ahli materi 95% masuk pada kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukan bahwa media modul pembelajaran sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. hasil ketertarikan siswa pada uji coba terbatas sebesar 87,5% dan uji coba penuh sebesar 97,5%. Hasil angket ketertarikan siswa pada uji coba terbatas dan uji coba penuh menunjukkan bahwa siswa sangat tertarik terhadap media modul pembelajaran matematika materi mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal, sesuai dengan hasil angket minat siswa uji coba terbatas dan uji coba penuh.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Modul Pembelajaran, Porogapit, Model ADDIE
This study aimed to produce media for mathematics learning modules that convert ordinary fractions into decimal form in terms of media validity and material validity and to determine the interest of class IV-D Tarakan 029 Elementary School Students towards learning module media. This research was a Research and Development (R & D). The development procedure used the ADDIE development model which consists of five stages, namely, analysis, design, development, implementation, and evaluation. The feasibility assessment of the learning module media consisted of media experts and material experts. According to the validation results from media specialists, 84% fell into the “very veasible” category, while 95% of material experts fell into the same group. According to the findings of the media experts’ and material experts’ validation, the learning module’s media is excellent for use in the instructional process. In the small trial, 87.5% of students reported being extremely interested, and 97.5% reported being very interested in the complete trial. Students were particulary engaged in the media content for the mathematics learning module that involved converting common fractions to decimals, according to the results of the limited trial and full trial student interest questionnaires. Keywords: Research and Development, Learning Module, Porogapit, ADDIE Model